Sabtu, Oktober 17, 2009

tugas dan fungsi PR

Senebarnya dalam sebuah organisasi PR ituterdapat dua fngsi utama, yaitu fungsi managemen dan juga fungsi komunikasi..
Nah pengen tau kan fungsi-fungsi itu
Yuk kita kupas satu-satu. Yang pertama adalah management, fungsi ini lebih cinderung nemempati posisi policy, yang dimaksud disini sebuah perusahaan yang memanagemet yang baik tentu akan menempatkan PRnya di posisi tersebutdi bidang strategi agar bisa merumuskan dan menorganisir diri melalui kebijakan, cz tahu gak seh, jika suatu saat perusahaan mensedang mengalami kayak kebakaran atau kondidi yang kuarng baik mungkin saja PR akan emasuki lini-lini yang lalin yang mungkin bukan bagian dari PR. Karena itu adalah bagian dsari kewenganan PR, kebijakan dari PR tentu saja akan memperngaruhi performa organisasi terhadap kebijakan publik, karena RP akan memberikan masukkan kepada perusahaan agar dapat berjalan dengan baik yang sesuai dengan trend dimasyarakat.
PR dalam fungsi menajement haru bisa mensinergiskan antara sinergi organisasi untuk berhubungan dengan publik, praktisi PR harus membantu namagement u ntuk membangun filosofi organisasi, mencapai tujuan yangtelah ditetapkan, adaptasi lingkungan untuk survive.
PR juga bertindak sebagai penasehat managent dalam menghasilkan output yang bisa diterima oleh publik.
Fungsi kominukasi PR adalah lebih kefungsi yang sifatnya oprasional atau teknis. Yaitu melalukkan aktifitas dari managenet ke publik, prkatisi PR merupakan staf khusus managemen dalam menangani proses komunikasi yang berlangsung. Sehingga kebanyakan kegiatannya memalui off air..
Untuk tugas PR
Untuk menjadi PR ada beberapa kompetensi yang harus dipenuhi, kompetensi tersebut adalah komunikasi lisan, komunikasi kelompok, komunikasi tertulis, teknik kehumasan, seperti seponshorship etc.., managenet isu, penelitian PR, Managerial, Teknologi dan bahasa, leadership. Yang kemudian dari berbagai macam konperensi ini akan dipecah menurut jenjang dari PR sendiri. Awal, madya, dan expert
Dan tugas dari PR sendiri ada beberapa hal yang mungkin belum bisa aku tulliskan disini.. inshaAllah besok ditambahkan...^_^
Ref: kuliah PR

0 komentar: