Senin, Oktober 19, 2009

Peta-peta

Belum disebut sebagai mahasiswa hubungan internasional terutapa consentrasi dunia islam tuh..
Jawab pertanyaan dibawah ini:
1. Teluk yang terletak antara saudi arabia dan iran?
2. Selat yang yang menghubungkan farika utara dan eropa?
3. Danau yang terbesar di Dunia?
4. Teluk dilibya?
5. Muara sungai jordan?
6. Selat antara oman dan iran?
7. Selat antara yaman dan afrika?
8. Wilayah sudan selatan yang sering konfik?
9. Wilayah suriah yang diduduki oleh israel?
10. Ibukota turki utsmaniyah?
Jawabannya...
Silahkan cari di peta.. hehe..
1. Teluk persia..
Siapa sih yang tak kenal ma teluk yang satu ini, meskipun tak tampak istimewa tetapi siapa sangka hampir dari 60 % minyak dunia dihasilkan dikawasan teluk persia ini.. sungguh luar biasa.. pantaskah kalo banyak negara dis ekitaran teluk ini menjadi kaya-kaya..


taken from: http://www.gl.iit.edu/govdocs/maps/Persian%20Gulf%20Region.gif
2. Selat gilbaltar (jabal al thariq)
Inilah penghubung antara dua benua yaitu afrika dan eropa letaknya di sepanyol dan maroko.. inilah jalan masuk islam ketanah eropa, selain itu sebelum dibukanya terusan suez selat ini juga sangat berjasa terhadap lalu lintas air ke kawasan asia dari kawasan eropa selatan..

taken from:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhks4ZFCVE1b94YoA5f9QO8OQvVc2tj70v-T7T8qSSZMDmrK-2kkO0o2gCVh4Dp5dGEQGCyx_dg4MHdk7VPUYalvFTKH0WojEvQYTs4Z8G07dQEdewlVZ7rMeD7NLxlRcZMs10tTjn-Sj0/s320/selat+gibraltar+2.jpg
3. Danau laut kaspia
Danau teluas didunia, hmm karena saking luasnya orang sering menyebutnya dengan sebutan laut.. danau laut kaspia, letaknya disekitaran ajerbaizan, kazakstan etc


4. Sidra
Lupa... aduh payah nih... pokoknya dikawasan ini sering terjadi konflik.. kalo gak salah sih, As pernah mengirimkan kapal induknya dikawasan ini tetapi kemudian, dy menuai kontroversi, AS berdalih bahwa kawasan teluk sidra ini merupakan kawasan internasional
5. Laut mati
Ini merupakan muara sungai jordan, hampir semua orang tahu bahwa kandungan garam disini sangatlah tinggi, mungkin karena airnya yang mampet en nggak bisa kemana-mana menjadidikan kondisi daerahini menjadi demikian,
6. Selat hormuz
Si pintu gerbang teluk persia yang sangt kaya minyak, setiap lalu lintas air yang ingin keluar masuk di teluk persia yang kaya harus melalui selat ini, maka deh dijamin negar pemilik selat ini sangat bisa mengeruk keuntungan,, saat ini teluk ini dikuasai oleh iran..
7. Bab el mandeb
Seperti hormuz, selat bab el mandeb juga merupakan pintu gerbang, ets.. tapi bukan teluk persia, melainkan laut merah, negara-negara eropa yang akan pergi ke asia melalui jalu laut pasti akan melalui terusan suez dan selat ini..
8. Darfur
Kawasan disudan yang disitu sering terjadi konflik, sebenarnya cinderung kekonflik sara (terutama agama.. kawasan darfur merupakan kawasan yang berpenghuni non islam,mereka ingin melepasakn diri dari kekuasaan sudan,yang mayoritas beragama muslim. Saat ini lho.. isunya sedang di godok perjanjian kemerdekaan..
9. Dataran tinggi golan
Sering disebut dalam berita, tapi sering juga terlupakan, dataran tinggi golan merupakan kawasan suriah yang dicaplok sama israel (huh kayaknya benar tuh teori yang bilang if bertetangga dengan israel dijamin gak bakal tentram. Dataran tinggi golan merupakan penyuplai air yag cukup besar dikawasan tersebut.
10. Istambul
Dulu kota inilah yang menjadi pusat peradaban islam, semasa kekahalifahan turki utsmaniyah, sempat dijadikan ibu kotanya. Tapi saat ini ibukota turki adalah ankara..
Nah begitulah sepintas lalu tentang timur tengah dan titik-titik penting disana, sebenarnya aku yakin ada banyak sekali titik penting tapi saat ini cukuplah sampai disini..
Ref: kuliah pak sidik jatmika..

0 komentar: