Jumat, Oktober 02, 2009

Sejarah diplomasi dunia islam part 1.

Hubungan internasional menurut islam.
Istilah hubungan internasional bukanlah sebuah istilah yang asing untuk dunia islam, sebenarnya konsep ini sudah ada sejak kedatanganya, karena islam adalah sebuah agama yang komperhensif, yang tidak hanya mengatur masalah spiritual saja tetapi juga dalam aspek lainya seperti sosial dan politik.
Nilai-nilai dasar dalam hubungna internasional menurut islam adalah merupakan hubungan antar manusia. Sehingga kegiatannya terikat oleh nilai nilai kemanusiaan dan hukum muamalat. Hal ini tercemin dalam surah Al Hujurat ayat 13 yang menyatakan bahwa Allah menciptakan manuasia itu dari seorang adam dan hawa yang kemudian menjadikan mereka bersuku-suku juga berbangsa-bangsa agar saling mengenal. Orang yang terbaik dihapan Allah adalah orang yang bertakwa. Juga dalam surat An Nisa ayat 1 dalam islam memandang bahwa HI adalah individu dalam rangka saling mengenal untuk menjalin sialhturahim dan hubungan meminta dengan penuh kasih sayang dan tanpa paksaan. Begitulah konsep islam dalam memandang hubungan internasional. Tentu saja hal ini berlawanan dengan konsep tadisionalis hubungan internasional yang menganggap bahwa aktor utama dalah hubungan internasional adalah negara, dan negara tidak sama dengan individu sehingga dapat dipastikan isu-isu yang menyangkut tentang HAM dan lingkungan tidak diperhatikan dengan baik. Hal itu terlihat jelas saat negara mengambil keputusan, kita melihat kadang kala keputusan itu mecederai hak individu hanya karena kepentingan negara. Contohnya dalam perang, tidak ada seorang individupun yang menginginkan pertumpahan darah, tapi karena adanya interst dari negara, maka setiap individu tidak bisa menolak hal itu.
Muhammad Abu Zahrah, seorang tokoh mesir yang pernah menulis buku tentang hubungan internasional menurut islam, dalam bukunya tersebut dia menuliskan dalam 10 point dalam melakukan hubungan internasional yang didasarkan pada al qur’an
1. Karomah insanniyah
2. Kesatuan umat manusia
3. Kerjasama kemanusiaan
4. Toleransi
5. Kemerdekaan
6. Budi baik
7. Keadilan
8. Perlakuan yang sama
9. Memenuhi perjanjian
10. Kasih sayang

0 komentar: