Selasa, Oktober 27, 2009

Role of fiqih in moslem action


Peranan fiqih dalam tindkan politik.
Tahukah kawan hampir semua political action dipengaruhi dan ditentukan oleh fiqih. Gak percaya? Kita bisa kok liat contohnya pada ulama besar pemimpin revolusi di iran 1979, Ayatollah rohallah khomaini orang yang menguasai fiqh. Dengan program yang terdiri dari mempersiapkan program revolusi karena seperti yang kita ketahui bersama jika anakrhi memuncak dan mulai matang, maka akan ada revolusi; menjatuhkan shah reza pahlevi; yaitu membangun sebuah republik revolusi islam iran; export of revolution.
Contoh lainnya yaitu bung Tomo pada masa kemerdekaan (10 November 1945), bung tomo yang bukanlah seorang ulama tetapi melakukan seruan untuk jihad membela negara, seruan yang disampaikan Bung Tomo merupakan seruan dari KH asyari.
Fiqh...
Merupakan, hukum islam yang dipengaruhi oleh metode (cara pengambilan hukum);rationality atau interest; dan culture. Dan salah satu fiqh yang sering kita lakukan pada diri sendiri, yaitu Istihaj.
Berikut ini adalah beberapa metode yang digunakan dalam fiqh. Yaitu bayan (tekstual); burhani (contekstual); irfani (sekuler)...
ref: kuliah Pak sidik jatmika


0 komentar: