Kamis, Oktober 08, 2009

Pertumbuhan dan perkembangan publik relation

Pertumbuhan
Dipraktekan sejal zaman kerajaan, meskipun tuidak ditunjukan secara spesifik tetapi prinsipnya menempati fungsi-fungsi publik relation. Kemudian sejak abad ke 19 public relation lebih cinderung kearah propaganda yang bermaksud untuk mempengaruhi opini. Karena ciri-ciri dari propaganda adalah terdapat issue, dan issue tersebut dipersuasif yang kadangkala juga mengabaikan kebenaran, dan hanya bersifat komunikasi satu arah, yang melalui media, leaflet, ataupun poster.
Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa PR semakin dibutuhkan, antara lain karena sebagai berikut:
1. Filsafat, yaitu yang besikat authoritarian ke libertarian
2. Sistem kerja yang dulunya tradisional ke industri
3. Politik yang awalnya adalah monarkhi menuju kearah demokrasi
4. Sosial semakin kompleks
5. Ekonomi cinderung tentang persaingan mendapatkan perhatian yaitu melalui promosi
Perkembangan
PR setelah revolusi industri mengalami perkembangan
1. perkembangan komunikasi, adanya one way communication sebagai kebutuhan menyampaian sesuatu tetapi tidak dimbangi oleh respon dari pihak yang diberi info
2. pertumbuhan populasi, mempengaruhi banyakkan dalam sebuah perusahaan yaitu berpengaruh pada PR kini tidak melihat semua kebutuhan dari semua masyarakatnya, melainkan lebih pada spesific public yaitu dengan pengkotak-kotakkan masyarakat dengan mengambil segmen masyarakat berpengaruh dengan maksud efektifitas perubahan perilaku
3. pengakuan terhadap tanggung jawab sosial yaitu perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap kemajuan masyarakat sekitar, dengan program seperti community relation atau community development sebagai bentuk perhatian sosial yang sangat berpengaruh terhadap citra bagi perusahaan.
4. Keluasan pemerintah. Semakin banyaknya askpek yang ditangani oleh pemerintah menyebabkan PR semakin dibutuhkan untuksosialisasi program-program pemerintah.
5. Perkembangan media komunikasi, agar perusahaan bisa tetap survive maka dibutuhkan PR yang cerdas sehingga bisa memanfaatkan media komunikasiuntuk tujuan publikasi. Mislanya ambient media, sesuatu yang asing digunakan sebagai media pun bisa disulap menjadi media komunikasi,misalnya lantai, tembok, etc.
6. Lahirnya standard etika baru
7. Mengejalanya konsumerisme
Fase perkembangan PR moderen
Periode I yaitu tahun 1990 – 1917
PR dirtikan sebagai media kuning yaitu media yang bombastik dan hiperbola. Yang seringkali kebenaran dikesampingkan. Yang berdapat pada pihak-pihak yang marasa dirugikan melakukan fungsi-fungsi PR yang antara lain, melakukan kounter terhadap pemberitaan tersebut melalui publisitas maupun pemberitaan pula.Pada masaini PR jenis ini biasanya terjadi di amerika serikat
Periode II yaitu 1914 – 1919 masa perang dunia pertama
Saat itu PR hanya difungsikan sebagai promosi untuk kepentingan perang, seperti digunkan untuk mrekrut warga sipil untuk menjadi tentara, dengan iming-iming sebuta pariot selain itu PR digunakan untuk keanggotaan baru dan mengalang dana palang lemah, saat itu komunikasi yang terjalin msihlah komunikasi satu arah
Periode III yaitu 1919 – 1929
Pusat perhatian PR pada publisitas promosi product industri, organissasi sosial keagamaan yang berhubungan dengan masyarakat, selain itu komunikasi persuasi untuk mempengaruhi opini
Periode IV yaitu 1930 – 1945 krisis perang dunia II
Saat itu ekonomi mengalami penurunan, PR dugunakan untuk persuasi publik, metodelogi ilmiah tentang pengukuran efektif opini publik , muncul asosiasi-asosiasi profesi kehumasan juga muncul pendidikan kehumasan, selain itu munculnya televisi sebagai strong media sehingga komunikasi merupakan peraduan antara one way comunication dan two way communication meskipun betuknya masih sangat a simetris
Periode V yaitu 1965 – sekarang merupakan masa globalisasi
Dimana teknologi tinggi mulai berkembang selain itu media massa mulai bermunculan. Adanya ekonomi nasional-globalyang membawa pada kompetisi global. Hal ini mendorong humas menjadi lembaga paling penting karena konpleksitas konflik kepentingan. Betuk komunikasi yang berkembang adalah komunikasi satu dan dua arah dengan topik utama PR propganda dan managemen konseling

refrensi: kulah public relation

0 komentar: