Kamis, Oktober 01, 2009

definisi publik relation

Apa yang kamu bayangkan setelah mendengar istilah public relation atau biasa disingkat dengan istilah PR? Tentu saja pikira kita akan berpedar-pedar dan terisi dengan konsep-konsep tentang hubungan dengan masyarakat,mediasi, comunikasi persamaan tujuan dll.. dimana terseolah terdapat ada proses menjebatani antara goverment dengan masyarakat yang secara nota bene memiliki kepentingan yang berbeda.
Sebenranya ada beberapa definisi tentang publik relation diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Menurut Istitute Of Public Relation
Yaitu segala upayayang dilangsungkan secara berkesinambungan dan terencana dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan khalayak.
Maksud dari definisi ini adalah PR merupakan keseluruhan upaya, sehingga yang terlibat tidak hanya orang yang memiliki tugas-tugas ke PR-an tapi semua stakeholder memiliki andil yang sama dalam pembentukanpublic relation, jadi tidak hanya melalui advertising, tetapi juga semua elemen yang bisa digunakan untuk untuk pembangunan citra, seperti melalui interaksi pengguna dan pihak ketiga(tidak hanya pengguna) seperti emdorment dari para ahli.
Kemudian selain itu maksud dari dijalankannya PR adalah untuk memelihara kesefahaman antara publik dengan pemerintah..
b.Menurut mexican statement
“publik relation is the art and social science of analizing trend, predicting their consequences, counselling (bimbingan) organization’s leadership and implementing planned programmes of ation which will serve both organization’s and public interst”
c.Sam Black (1993:14)
PR adalah perpaduan seni, dan basis keilmuan dan pecapaian harmoni antara pemerintah dan publik interst yang berlawanan. PR didasarkan pada kejujuran dan keterbukaan dalam menginformasikan
d.Rex harlow definisi lengkap tentang PR
- PR adalah fungsi yang penting dalam management
- Membantu dalam mengembangkan dan memelihara hubungan timbal balik dalam komunikasi, kesepahaman, penerimaan dan kerjasama antara organisasi dan publiknya
- Termasuk managemen masalah dan isu
- Melayani dalam early warning system
- Mengunakan penelitian, opini, teknik komunikasi atau prinsip
Ref: kuliah PR

0 komentar: