Rabu, Oktober 14, 2009

sebab konflik di timteng dari aspek geografis

Masih ingat tentang sebab sebab konflik di timur tengah? Yuk kita merefresh kembali.. salah 4 mengapa terjadi konflik ditimur tengah itu ada banyk loh penyebabnya.. contohnya ya, dari aspek geografi aja, sudah beranak pinak banyak tuh sebab konfliknya.
Yang pertama, posisi strategis, yang timur tengah, seperti yang kita tahu merupakan pertemuan dari 3 benua yang gede, coba tebak mana aja.. yups Eropa, afrika en eropa ya nggak? Nan posisi yang demikian nih yang tentu aja membuat timteng jadi lalu lintas yang potensial. Selain itu tau gak seh kalo lebih dari 60% minyak dunia ituada di Timur Tengah, selain itu disanalah lahir 3 agama besar yang sampai saat ini kita kenal yaitu ada yahudi, islam dan nasrani
Yang kedua, adalah keragaman luas wilayah, nah lita hu nih di timteng tuhkan ada yang negaranya punya wilayah yang luas misalnya kayak saudi, iran, mesir, turki, sudan, irak etc, tapi ada pula yang kecil-kecil kayak negara-negara diketeknya saudi dan teluk persia.misalnya: khuwait,Qatar, bahrain, libanon, syprus. Trus ada lagi tuh negara pertengahan kayak Zaman, Oman, al jazair, maroko, libya, afganistan.masudnya adalah karena ada teori yang mengatakan bahwa negara yang luas itu cinderung untuk mengintervensi negara yang lebih kecil.
Contohnya tuh.. irak menyerbu kuwait yang menyebabkan perang teluk II (sekedar info perang teluk I yaitu perang antara irak dan iran pada tahun 1980 yang disitu juga ada pengaruh AS. Konflik yang terjadi dipengatuhi oleh perebutan muara sungai babilonia (delta) yaitu delta sungai shatt-al arab karena irak memiliki askes keluar terutama jalur laut)
Contoh yang lainnya tuh, intervensi arab saudi atas Yaman, atau kecenderungan suriah melawan libanon yang lebih kecil.
Yang ketiga adalah kedekatan dengan israel, perlu digaris bawahi ya, ada teori yang mengatakan kalo dekat dengan israel itu dekat dengan konflik.. hmmm alhamdulillah ya tetangga kita bukan israel. Nan pengen tahu negara-negara yang kurang beruntung itu adalah sinai (mesir) dibagian barat, libanon dan suriah di sisi utara israel, yordania disisi timur israel, dan saudi arab dibagian selatan, yang lebih memelas lagi adalah negara dalam negara ayo tebak manakah itu? Yups bener sekali palestina (gaza city and tepi barat sungai jordan)
Alasan yang keempat adalah air sebagai sumber konflik, wah.. penasaran kan? Kok bisa ya air jadi sumber konflik.. ibi buat PR artikel selanjutnya...^_^

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tulisannya bagus

light in the darkness mengatakan...

wahh.. matur nuwun :)