Sabtu, Oktober 24, 2009

islam vs barat

Islam dan barat
kemarin kita sudah membahas tentang islam, bawasannya islam bukanlah merupakan agama spiritual yang hanay baerupa ritual keagamaan saja, tetapi dia juga merupakan idiologi,
Negara islam adalah maerupakan negara yang berada dalan kekuasaan islam, mayoritas pendududknya beragama islam dan pernah menjadi salah sati wilayah peradaban islam.”
Definisi islam dan barat.
Aku akan mengawali tulisan ini dengan buah pemikiran hutington, bahwa dunia selalu diwarnai oleh perang.
west (barat) peradabannya sangat diwarnai oleh konflik internal, dimasa-masa awal, pengaruh gereja sangtlah meluas dan memasukuberbagailini yang ada. Juga mendekte kekuasan raja-raja. Kemudian muncul west phalia yang mengakiri semuannya pada tahun 1648 selain itu sebagai tanda bermulanya nation state dan berakhirnya kekuasaan kristen dan hanya sebatas agama individu.
Jika hal ini dirumuskan maka ada 3 point penting. Yaitu
a. Sejarah
Agama yang sering melanggar fitrah manusia, ang menyebabkan perang dan damai
b. Text kitab
Tidak original karena sudah ditranslite keberbagai bahasa dan tidak adanya text murni yang bisa dijadikan pegangan jika terdapat kerancuan, proses penterjemahan yang kadangkala antara maksud dari text murni itu terdapat berbagai perbedaan yang tentu saja menimbulkan kegelisahan akan kebenarannya
c. Context bibel
Isi dari bibel tidak sesuai dengan logika dan pengetahuan, ingat peristiwa galileo dan copernicus yang bilang bahwa bumi itu mengelillingi matahari? Mereka berakhir ditiang gantungan karena pendapatnya tidak sesuaidengan apa yang dikemukakan oleh gereja yang mengatakan bahwa bumilah yang menjadi pusat tata surya, inkusisi, ganjaran yang diberikan kepada orang yang berusaha untuk menentang diktrin gereja.
Ketiga kal itulah yang telah mebuah masyrakat barat menjadi jenuh dan menjadikan kristen segabai agama individu dan menganut sistem yang sekuler, memisahkan antara agama dan kehidupan yang lain, karena mereka memiliki kesimpulan bahwa untuk menjadi maju, maka tingalkanlah agama dan menjadi sekuler.
Sekulerterdapat 2 jenis yaitu sekuler moderat dan sekuler radikal, sekulatis moderat adalah faham sekuler yang tetap mempercayai keberadan tuhan tetapi menganggap bahwa agama tidak boleh turut campur dalam lini yang lain. Sekulatis radikal lebih ciderung atheis, karena tidak memberi ruangUntuk agama.
Itulah sebabnya mengapa islamdan barat sangat berbeda, islam tidak pernah ada masalah degan agamanya, bahkan islam merupakan agama yang jelas, dari sejarahnya, text kitab yang otentik dan sangat mendukung ilmu pengetahuantidak ada alasan unuk meninggalkan islam dan mengambil idiologi yang lain karena islam itu adalah agama yang menyeluruh, lengkap, logis dan dapat diterapkan.
Pantaslah bahwa islam maju karena umatnya terus berpegang teguh pada nash-nsah Al qur’an dan hadist, umatnya juga berjuang demi dan untuk agama, jika saat ini terjadi kemunduran di dunia islam, jawabannya adalah satu, mungkin karena ternyata umat islam sekarang sudah mulai meninggalkan islam dan tidak berpegang teguh pada nash-nsah al qur’an dan hadist. Bukankah demikian?
Ref: kuliah hubungan islam barat

0 komentar: