Minggu, Oktober 11, 2009

definisi pemikiran politik dan ideologi

Dalam pemilirana politik islam debenarnya ada 3 hal yang perlu diperhatikan, das solen yaitu apa yang seharusnya terjadi, das sein apa yang kenyataannya tengah terjadi dan yang terakhir adalah perubahan yang bisa dilakukan berdasarkan das sein dan das solen yang kemudian perubahan tersebut bisa saja parsial tetapi bisa saja besifat revolusioner.
Selain tiga hal tersebut pemikiran poliitk terdiri dari 2 unsur yaitu thought (fikrah) pemikiran dan yang lainnya adalah method (thariqah) atau operasional.
Definisi pemikiran
Yaitu segala sesuatu yang dihasilkan dari fakta yang kita indra yang kemudian
Jadi syarat berfikir adalah jika disana terpenuhi syarat terdapat fakta, indra, otak dan informasi/
Selanjutnya kita akan bahas tentang definisi politik, yang pertama maei kita lihat apa yang dikatakan oleh pak harold Laswell, dia bilang bahwa politik adalah “authoritatives allocation of value” yang merupakan bentuk dari perjuangan untuk mendapatkan power dengan yang dituju adalah sebuah policy.
Landasan dari politik adalah konsen padapertanyaan bagaimanaanggota komunitas tinggal bersama dengan damai dan menyelesaikan perbedaan mereka dan menerima sikap.
Dalam bahasa arab politik adalah siasaah yang berasal dari kata saasa, yasuusu yang berarti memelihara, memerintah, dan memimpin. Sedangkan definisi syarahnya adalah yaitu pengaturan, pemeliharaan urusan umat baik dalam maupun luar negeri.
Sehingga jika disimpulkan pengertian dari pemikiranpolitik yaitu pemikiran tentang bagaimana permasalahan kehidupan bersama masyarakat durus, diatur, dan diselesaikan.
Sedangkan idiologi yaitu menurut roberth Haber definisi dari idiologi tidaklah jauh beda dengan yang sudah diungkapkan sebelumnya tentang das solen das sein dan perubahan. Jadi idiologi itu mencakup 3 hal itu yang kemudian perubahannya itu dirumuskan dengan strategis

refrensi: kuliah pemikiran politik islam

0 komentar: