Senin, Oktober 26, 2009

SEBAB-SEBAB KONFLIK DI TIMUR TENGAH II

Kemarin kita sudah bahas, ada 4 hal sebab-sebab terjadinya konflik di timur tengah, nah berikut ini ada lagi nih, yaitu dari sisi demografi
Demografi atau yang biasa kita kenal dengan istilah kependudukan, ini juga berandil dalam penyebab terjadinya konflik di timur tengahgak percaya buktikan yuk!
Yang pertama, Perbedaan pada jumlah kepadatan penduduk antara negara satu dan lain yang memungkinkan terjadinya intervensi dari negara yang memiliki jumlah kepadatan penduduk yang elbih tinggi ke yang lebih sedikit.
Yang selanjutnya, keanekaragaman suku, aliran politik, idiologi (keagamaan, sekularisme,zionism, sosialism (oleh gamal abdul nasser)marxisme, militerism, pretorianism (tentara)
Ketiga, Keanekaragaman kesetiaan masyarakat arab memiliki beragam kesetiaan. Kesetian tersebut antara lain ashobiyah yaitu kesetiaan pada kelompok tertentu, misalmya mazhab, aliran politik, dan keluarga; kaumiyah yaitu kesetiaan pada suku tertentu, misalnya etnis; wathaniyah yaitu kesetiaan pada national state. Misalnya : nasionalis pada indonesia; ummah yaitu kesetiaan terhadap sesama agama, misalnya: persaudaraan islam.
Keempat, kesenjangan ekonomi. Adanya negara yang kaya dan ada pula negara yang miskin, bahkan yang sangat miskin yang seringkali menimbulkan perbedaan.
Terakhir yaitu krisis. Hampir semua negara di timur tengah, memiliki asas legalitas yaitu krisis terhadap keabsahan yaitu kekuasaan yang defacto yang secara kenyataan diakui dan de jure yang secara hukum juga di diterima. Contoh dari bentuk krisis ini adalah sudan selatan dengan darfur, termasuk kasus yang tidak legalitas secara de facto, karena meskipun secara de juro dapat dikatakan darfurmerupakan bagian dari sudan, tapi ternyata de factonya tidak.. contoh lain palestina, di akui secara de jure oleh negara-negara lain, tapi ternyata secara defacto palestina tidak memiliki wilayah yang pasti, begitu pula dengan israel.
Asas selanjutnya adalah azas equalitas. Apakah itu azas equalitas? Azasini adalah asas persamaan, maksudnya banyak negara-negara di timur tengah inu mengalami krisis dalam hal gap dan kesenjangan dibidang ekonomi dan politik.misalnya negara mislik dan negara kaya.adanya negara lemah dan adapulanegara yang kuat
Selanjutnya adalah asaskontinuitas. Maksudnya hampir semua negar-negara di timur tengan raawan untuk digulingkan baik dari dalam maupun dari luar negeri, dari dalam biasa kita sebut deng istilah kudeta dan pembunuhan sedangkan dari luar negeri biasa kita sebut deng intrevensi.
Air sebagi smber konlif
Nah menanggapi PR kemarin yang belum selesai maka kita akan bahs tentang air sebagai sumber konflik, sebelum kita bhas lebih jauh ada baiknya kita kenalan dengan jenis-jenis ait dulu, yang jelas air itu bisa dibagi jadi dua, air laut dan air tawar. Air tawar terdiri dari sungai, danau,oase
Sungai.. sungai terpanjang di dunia apa hayoo!! Yap itu sungai nil. Tetaknya saya yakin temen2 dah pada tahu semua cz udah sering dibahas di SD, SMP, SMA ya gak? Sungai ini melintasi banyak negara lho.. mulai dari mesir, sudan uganda dll. Nah sungai-sungai yang lain dan cukup penting apa lagi coba? Ada sungai jordan yaitu sungai yang juga diantara 2negara yaitu israel dan jordania. Trus ada lagi tuh sungai babilonia (eufrat en tigris)yang dululembahnya pernah menjadi pusat peradaban bangsa mesopotamia.
Nah dari sungai-sungai tersebut banyak sekali menuai persoalan. Kebanyakan karena urusanya dengan bendungan.maklumlah daerah yang langka air. Bendungan yang dibangun oleh negara di hulu menyebabkan debit air yang seharusnya mengalir kehilir berkurang. Termassuk pencemaran juga,yang mencemari satu negara yang kena semua yang dilalui sungai.
Delta sungai yangterbentuk karena pendangkalan sungai itu juga sering jadi masalah, karena bentuknya kayak pulai ditengah sungai jadi deh perebutan antar dua negara kayak delta shat al arab di antara irak dan iran. Basrah (irak) dan abadan (iran) sadam hussain sangat berambisi untuk mendapatkan delta itu maka wajarlah jika kemudian ber-ending dengan adanya perang teluk I tahun 1980 – 1988 lama khan? Pada saat perang yang pertama kali dimenagkan oleh irak cz dibantu sama AS, yang kayaknya tuh si AS menginginkan untuk menghentikan revolusi iran, cz peristiwa itu gak jauh-jauh aman samaterjadinya revolusi iran. perang yang kedua berakhir dengan encatan senjata, cz As tahu kalo irak bakal kalah..
Danau..
Untuk danau-danau yang ada di timteng itu antara lain adalah, danau laut kaspia, danau terbesar didunia, yang berbatasan dengan banyak negara, mulai dari rusia, turmenistan, kazakstan, azerbaijan dan iran. Kawasan ini pada PD I dan II dikuasai oleh inggris rusia, dan jerman.
Danau yang lain adalah danau galilea (hulu) dan danau laut mati (hilir)
Oase..
Tempat sumber air.. temen-temen tentu gak asing dunk dengan dataran tinggi golan? Yang sangat termassyur karena dulu sering disebut-sebut dalam konflik dengan israel. Datarn tinggi golan merupakan dataran yang nerada diwilayah suriah, dataran tersebutmerupakan penyuplus air untuk kawasan tersebut, tetapi sejak tahun 1967 pada perang 6 hari berasil direbut israel (hmm..lagi-lagi bener kok teori kalo bertetangga dengan israel itu banyak ributnya..) sebenarnya ada banyak wilayah negara tetangga israel yang direbut israel.kayak contohnya nih: gaza, sinai dll..
Air laut..
Tadi kita sudah selesai tentang pembahasan air darat, sekarang ke air laut dunk!
Yang pertama, terusan suez, yaitu terusan yang menghubungkan antara laut tengah dan laut merah. Dulu sebelum ada terusan sues para pengelana dari barat jika pengen berkunjung ke daratan asia harus melalui cape town di ujung selatan afrika. Tapi sejak tahun 1952, sebuah perusahaan MNC yang berasal dari perancis dan inggris,mencoba untukmembuka, membelah sebuah bagian timur mesir..sikitaran sinai untuk agar bisa dilaui oleh kapal-kapal pengelana tersebut, proyek ini dipimpin oleh ferdinand de lessep.
Setelah proyek selesai dibuat ternyata keuntungan yang diberikan untuk mesir sangat merugikan karena kurang dari 10% maka karena merasa di zolimi, langkah selanjutnya adalah adanya ide menasionalisasikan terusan suez. Gagasan ini digerakan oleh gamal abdul nassr yang juga berakhir dengan perang antara arab israel.
Selat, selat-selat yang terkenal yaitu selat gilbaltar (jabal al thariq) menyebabkan konflik antara ingris,spanyol en maroko. Ada juga selat bosporus, yang menjadi saalat untuk menguasai istambul yang pada awalnya dikenal dengan sebuat binzantium pada masa yunani, kemudian dikuasia oleh kristen diubah namanya menjadi konstantono – pole, dan dimasa keluasaan islam dikenal dengan istambul (islamo pole)
Selat hormuz, juga merupakan selat yang pentingdiamerupakan gerbang masuk yang menghubungkan antara laut arab dan teluk persia yang kaya minyak.
ref: kuliah pak sidik jatmika

0 komentar: