Stake holder yaitu merupakan pemandu kepentingan (buplik)
Siapakah publik anda?
Yaitu pihak yang terkait dengan oprasional organisasi, jika diibaratkan dalam sebuah keluarga maka pihak tersebut adalah orang yang paling dicintai. Sehingga cara terbaik untuk memperlakukan publik adalah dengan mengenali dan menyayangi publik anda, menghindari timbul opini negatif dan dapatkan hatinya dengan ketulusan..
Mengapa stake holder dan publik penting?
Organisasi adalah sebuah sistem (keseluruhan / wholeness) sehingga akan menimbulkan timbal balik yang jika digambarkan sbb:
Perubahan lingkunagn harus diihadapi sehinngga dapat mengukuhkan eksistensi dan membutuhkan survive organisasi
Berikut ini ada kategoti publik secara umum
Publik eksternal (yaitu semua pihak dari luar organisasi)
Publik internal (yaitu pihak dari dalam organisasi
Pendekatan memahami publik adalh dengan melihat 2 aspek yaitu keterhubungan dan keaktifan mencari informasi. Aspek keterhubungan adalah meliputi: enable linkages (power control) yaitu orang-orang yang memiliki kekuasaan / kewenangan dan otoritas dalam suatu organisasi. Yang kedua adalah fungtional linkages (opertion) yaitu terdiri dari penyetor bahan baku, suplay, pegawai dan pekerja, yang ketiga adalah normative linkages (assosiation) yaitu berhubungan dengan sesama jenis pengusaha, yang terakhir adalah difussed linkages yaitu menyebar
Aspek keatifan mencari informasi
1. Latent public yaitu peruahaan tidak menyadari jika terdapat persoalan
Contoh: pabrik tekstil yang ada dipedesaan kemudian membuang limbah kesungai yang sungai tersebut ternyata masih dipakai oleh masyarakat..
2. Aware public yaitu menyadari adanya persoalan tetapi hanya diam
3. Active public yaitu menyadari ada permasalahan dan aktif untuk mengorganisir diri untuk bersuara.
Segmentasi publik
Dalam PR tidak berlaku prinsip publik yang generalis
PR selalu bicara spesifik
Memberikan fokus dan arah yang tepat bagi program yang disusun
Adanya sekala prioritas
Efisient dan efektifitas PR
0 komentar:
Posting Komentar