Jumat, Oktober 30, 2009

diplomasi dunia islam

untuk mata kuliah kemarin ada slideshownya..so buat temen-temen yang modownload nisa download di sini...

Leia Mais…

Background dalam PR


Yaitu berdasar pada nilai dan norma yang berlaku, berdasarkan pada moral;memperhatikan perlindungan pada subjek dan obyek pekerjaan (kepercayaan) subyek disini adalah pelaku profesi kehumasan, dan obyek adalah merupakan orang yang memberi kepercayaan
Kepercayaan tersebut memunculkan tanggung jawab, sosial (perlu standarisasi pendidikan, licence)
Pretest yaitu pengujuian sebelum poster aatu iklan launch dilakukan test terhadap maysrakat, sehingga perusahaan tahu apa yang harus dilakukan.

Kode etik PR
Yaitu terdiri atas:
1.       Memiliki prinsip umumyang berlaku
2.       Tidak ada harga mati, akan menyesuaikan dengn perkembangan kebutuhan.
3.       Dituangkan dalam sebuah aturan yang tertulis
4.       Ada sanksi bagi yang melanggar.
5.       Satiap asosiasimemiliki kekhasan dalam penjabarannya
Prinsip umum yang berlaku
1.       Penyampaian imfornasi yang dipercaya (kredible) -, maksudnya sumber jelas dan dapat dipercaya
2.       Penyebarluasan informasi secara akurat
3.       Penghargaan atas kebebasan yang bertanggung jawab
4.       Penghargaan terhadap nilai sosial yang berlaku
5.       Mentaati peraturan hukum yang berlaku
6.       Melindungi sumber informasi dan informasi itu sendiri
7.       Tidak menggunakan informasi rahasia untuk mendapatkan kepentingan pribadi
8.       Tidak menerima pemberian apapun dari klien
9.       Tidak memberikan jaminan keberasilan diluar pekerjaan
10.   Melindungi hak kekayaan intelektual (property right)
11.   Melakukan update pengetahuan dan skill
12.   Melindungi dan mengembangkan profesi
13.   Kejujuran menjadiprinsip utama semua aktifitas komunikasi

Leia Mais…

Kamis, Oktober 29, 2009

Contoh pererapan metode fiqih bayani, burhani, dan irfani.

Menurut prespektif bayani.
1. Form of state : berdasarkan pada islamic state (legal – formal)
2. Konstitusi : Qur’an and hadith
3. Political party : islamic party
4. Religion of reat state :ekspert of islamic law (fuqoha)
5. Female as head state : haram
Contoh: saudi arabia dan aceh
Menurut perspektif burhani
1. Form of state : berdasarkan pada islamic value
2. Konstitusi : islamic value
3. Political party : islamic value
4. Religion of reat state :islam
5. Female as head state : jawaz
Contoh: NKRI
Menurut prespektif irfani
1. Form of state : sekuler
2. Konstitusi : sekuler
3. Political party : sekuler
4. Religion of reat state :tidak harus islam
5. Female as head state : halal
Contoh: AS

Leia Mais…

Selasa, Oktober 27, 2009

Role of fiqih in moslem action


Peranan fiqih dalam tindkan politik.
Tahukah kawan hampir semua political action dipengaruhi dan ditentukan oleh fiqih. Gak percaya? Kita bisa kok liat contohnya pada ulama besar pemimpin revolusi di iran 1979, Ayatollah rohallah khomaini orang yang menguasai fiqh. Dengan program yang terdiri dari mempersiapkan program revolusi karena seperti yang kita ketahui bersama jika anakrhi memuncak dan mulai matang, maka akan ada revolusi; menjatuhkan shah reza pahlevi; yaitu membangun sebuah republik revolusi islam iran; export of revolution.
Contoh lainnya yaitu bung Tomo pada masa kemerdekaan (10 November 1945), bung tomo yang bukanlah seorang ulama tetapi melakukan seruan untuk jihad membela negara, seruan yang disampaikan Bung Tomo merupakan seruan dari KH asyari.
Fiqh...
Merupakan, hukum islam yang dipengaruhi oleh metode (cara pengambilan hukum);rationality atau interest; dan culture. Dan salah satu fiqh yang sering kita lakukan pada diri sendiri, yaitu Istihaj.
Berikut ini adalah beberapa metode yang digunakan dalam fiqh. Yaitu bayan (tekstual); burhani (contekstual); irfani (sekuler)...
ref: kuliah Pak sidik jatmika


Leia Mais…

Senin, Oktober 26, 2009

SILABY OF POLITICS & GOVERNMENTAL OF THE MIDDLE EAST INTERNATIONAL CLASS of THE INTERNATIONAL RELATIONS Dept. FISIPOL, UMY, 2007


Lecture: DR. Sidik Jatmika

Examines major conceptual and substantive issues in the comparative analysis of national systems in The Middle East. Concentrates on the dominant theoretical approaches to politics and social transformation, paying attention to themes such as state making, political culture, elite, revolutionary change and broader interaction of political  and economical process.
Uses comparative and thematic approach, drawing from a wide range of cross-national  case studies. Appropriate for students new to comparative politics in The Middle East as well as those ready to expand their knowledge of the field.
Topics/ sessions :

3-7.  Diversity & Factors of Conflicts in The Middle East


Political Crisis:
Authority, equality, continuity

Authoritical-Crisis:
Authority is a right/ legality to rule and recognized by citizents and foreigners
a. internal challenger (rebellion/ coup d'etat/separatism/irredentism)
    rebellion/independent- movements:
     Kurdy in Turkey, Iraq, Iran,   Suriah
     Darfur  in South Sudan
     Hizbullah di Lebanon
     Turkey/ Greece in Cyprus




Coup d'etat:
1979 Ayatollah Ruhollah Khomeini overtrew Shah Reza Pahlevi
1969 Moammar  Khadafy overtrew Sultan  of Libya
1969 Saddam Hussein overtrew Sultan  of Iraq

Separatism
Kurdy à Iraq, Iran, Suriah
Darfur from Sudan


Irredentism
Turkish- Cyprus  tries escapes from Cyprus, and joints with Turkey  

b. external challenger(meddling/intervention)

Leia Mais…

kisi-kisi politik timur tengah

Kisi-kisi ujian
1. Apa yang diketahui tentang konsep wilayah timur tengah?
2. Mengapa kawasan timur tengah penting untuk dipelajari?
3. Jelaskan mengapa timur tengah rawan konflik?

Leia Mais…

SEBAB-SEBAB KONFLIK DI TIMUR TENGAH II

Kemarin kita sudah bahas, ada 4 hal sebab-sebab terjadinya konflik di timur tengah, nah berikut ini ada lagi nih, yaitu dari sisi demografi
Demografi atau yang biasa kita kenal dengan istilah kependudukan, ini juga berandil dalam penyebab terjadinya konflik di timur tengahgak percaya buktikan yuk!
Yang pertama, Perbedaan pada jumlah kepadatan penduduk antara negara satu dan lain yang memungkinkan terjadinya intervensi dari negara yang memiliki jumlah kepadatan penduduk yang elbih tinggi ke yang lebih sedikit.
Yang selanjutnya, keanekaragaman suku, aliran politik, idiologi (keagamaan, sekularisme,zionism, sosialism (oleh gamal abdul nasser)marxisme, militerism, pretorianism (tentara)
Ketiga, Keanekaragaman kesetiaan masyarakat arab memiliki beragam kesetiaan. Kesetian tersebut antara lain ashobiyah yaitu kesetiaan pada kelompok tertentu, misalmya mazhab, aliran politik, dan keluarga; kaumiyah yaitu kesetiaan pada suku tertentu, misalnya etnis; wathaniyah yaitu kesetiaan pada national state. Misalnya : nasionalis pada indonesia; ummah yaitu kesetiaan terhadap sesama agama, misalnya: persaudaraan islam.
Keempat, kesenjangan ekonomi. Adanya negara yang kaya dan ada pula negara yang miskin, bahkan yang sangat miskin yang seringkali menimbulkan perbedaan.
Terakhir yaitu krisis. Hampir semua negara di timur tengah, memiliki asas legalitas yaitu krisis terhadap keabsahan yaitu kekuasaan yang defacto yang secara kenyataan diakui dan de jure yang secara hukum juga di diterima. Contoh dari bentuk krisis ini adalah sudan selatan dengan darfur, termasuk kasus yang tidak legalitas secara de facto, karena meskipun secara de juro dapat dikatakan darfurmerupakan bagian dari sudan, tapi ternyata de factonya tidak.. contoh lain palestina, di akui secara de jure oleh negara-negara lain, tapi ternyata secara defacto palestina tidak memiliki wilayah yang pasti, begitu pula dengan israel.
Asas selanjutnya adalah azas equalitas. Apakah itu azas equalitas? Azasini adalah asas persamaan, maksudnya banyak negara-negara di timur tengah inu mengalami krisis dalam hal gap dan kesenjangan dibidang ekonomi dan politik.misalnya negara mislik dan negara kaya.adanya negara lemah dan adapulanegara yang kuat
Selanjutnya adalah asaskontinuitas. Maksudnya hampir semua negar-negara di timur tengan raawan untuk digulingkan baik dari dalam maupun dari luar negeri, dari dalam biasa kita sebut deng istilah kudeta dan pembunuhan sedangkan dari luar negeri biasa kita sebut deng intrevensi.
Air sebagi smber konlif
Nah menanggapi PR kemarin yang belum selesai maka kita akan bahs tentang air sebagai sumber konflik, sebelum kita bhas lebih jauh ada baiknya kita kenalan dengan jenis-jenis ait dulu, yang jelas air itu bisa dibagi jadi dua, air laut dan air tawar. Air tawar terdiri dari sungai, danau,oase
Sungai.. sungai terpanjang di dunia apa hayoo!! Yap itu sungai nil. Tetaknya saya yakin temen2 dah pada tahu semua cz udah sering dibahas di SD, SMP, SMA ya gak? Sungai ini melintasi banyak negara lho.. mulai dari mesir, sudan uganda dll. Nah sungai-sungai yang lain dan cukup penting apa lagi coba? Ada sungai jordan yaitu sungai yang juga diantara 2negara yaitu israel dan jordania. Trus ada lagi tuh sungai babilonia (eufrat en tigris)yang dululembahnya pernah menjadi pusat peradaban bangsa mesopotamia.
Nah dari sungai-sungai tersebut banyak sekali menuai persoalan. Kebanyakan karena urusanya dengan bendungan.maklumlah daerah yang langka air. Bendungan yang dibangun oleh negara di hulu menyebabkan debit air yang seharusnya mengalir kehilir berkurang. Termassuk pencemaran juga,yang mencemari satu negara yang kena semua yang dilalui sungai.
Delta sungai yangterbentuk karena pendangkalan sungai itu juga sering jadi masalah, karena bentuknya kayak pulai ditengah sungai jadi deh perebutan antar dua negara kayak delta shat al arab di antara irak dan iran. Basrah (irak) dan abadan (iran) sadam hussain sangat berambisi untuk mendapatkan delta itu maka wajarlah jika kemudian ber-ending dengan adanya perang teluk I tahun 1980 – 1988 lama khan? Pada saat perang yang pertama kali dimenagkan oleh irak cz dibantu sama AS, yang kayaknya tuh si AS menginginkan untuk menghentikan revolusi iran, cz peristiwa itu gak jauh-jauh aman samaterjadinya revolusi iran. perang yang kedua berakhir dengan encatan senjata, cz As tahu kalo irak bakal kalah..
Danau..
Untuk danau-danau yang ada di timteng itu antara lain adalah, danau laut kaspia, danau terbesar didunia, yang berbatasan dengan banyak negara, mulai dari rusia, turmenistan, kazakstan, azerbaijan dan iran. Kawasan ini pada PD I dan II dikuasai oleh inggris rusia, dan jerman.
Danau yang lain adalah danau galilea (hulu) dan danau laut mati (hilir)
Oase..
Tempat sumber air.. temen-temen tentu gak asing dunk dengan dataran tinggi golan? Yang sangat termassyur karena dulu sering disebut-sebut dalam konflik dengan israel. Datarn tinggi golan merupakan dataran yang nerada diwilayah suriah, dataran tersebutmerupakan penyuplus air untuk kawasan tersebut, tetapi sejak tahun 1967 pada perang 6 hari berasil direbut israel (hmm..lagi-lagi bener kok teori kalo bertetangga dengan israel itu banyak ributnya..) sebenarnya ada banyak wilayah negara tetangga israel yang direbut israel.kayak contohnya nih: gaza, sinai dll..
Air laut..
Tadi kita sudah selesai tentang pembahasan air darat, sekarang ke air laut dunk!
Yang pertama, terusan suez, yaitu terusan yang menghubungkan antara laut tengah dan laut merah. Dulu sebelum ada terusan sues para pengelana dari barat jika pengen berkunjung ke daratan asia harus melalui cape town di ujung selatan afrika. Tapi sejak tahun 1952, sebuah perusahaan MNC yang berasal dari perancis dan inggris,mencoba untukmembuka, membelah sebuah bagian timur mesir..sikitaran sinai untuk agar bisa dilaui oleh kapal-kapal pengelana tersebut, proyek ini dipimpin oleh ferdinand de lessep.
Setelah proyek selesai dibuat ternyata keuntungan yang diberikan untuk mesir sangat merugikan karena kurang dari 10% maka karena merasa di zolimi, langkah selanjutnya adalah adanya ide menasionalisasikan terusan suez. Gagasan ini digerakan oleh gamal abdul nassr yang juga berakhir dengan perang antara arab israel.
Selat, selat-selat yang terkenal yaitu selat gilbaltar (jabal al thariq) menyebabkan konflik antara ingris,spanyol en maroko. Ada juga selat bosporus, yang menjadi saalat untuk menguasai istambul yang pada awalnya dikenal dengan sebuat binzantium pada masa yunani, kemudian dikuasia oleh kristen diubah namanya menjadi konstantono – pole, dan dimasa keluasaan islam dikenal dengan istambul (islamo pole)
Selat hormuz, juga merupakan selat yang pentingdiamerupakan gerbang masuk yang menghubungkan antara laut arab dan teluk persia yang kaya minyak.
ref: kuliah pak sidik jatmika

Leia Mais…

Sabtu, Oktober 24, 2009

Praktek PR

Model publik relation
Kemarin kita sudah bahas tentang PR secara lebih detail
Press agentry
Yaitu kebenaran informasi tidaklah penting; PR merupakan media yang lengkap untuk menyebarkan inflormasi kepda publik melalui media massa; komunikasi hanya satu arah yang lebih bersifat propaganda
publik informasi
Yaitu hampir sama dengan presagentry; kebenraan informasi penting; merupakan bentuk kritik dari press agentry tapi tetap mengunakan kmunikasi satu arah
Two way asysimeric
Merupakan kritik terhadap 2 reori sebelumnya; komunikasi berjalan 2 arah. Komunikasi jenis ini bisassanya dilakukan oleh negara denagn publik, tetapi hanya bersifat infromatif, jika memang ada keberatan akan ditampung tapi tidak akan ada perubahan pada level govrement.maksuddari komunikasi ini adalah akan adaperubahan pada level kalayak
Two way symatic
Yaitu terdapat dua arah komunikasi; ada 2 perubahan baik dari level goverment juga dari level khalayak, media yang digunakan adalah non conventional (gathering)misalnya outbond bareng; two way sysmatric belum bisa diamalkan
Faktor perbedaan praktek PR
Yang menjadikan PR berbeda pada level bagaima sebuah perusahaan itu mempraktikannya adalah sbb
a. Kondisi sistem sosial politik yang beralaku apakah trebuka taukah tertutup
b. Dingkap persaingan dunia usaha yang ada
c. Tingkat kecanggihan dan kompeksitasteknologi
d. Scopeorganisasi
Jenis kategori praktek PR
a. Methode of comunication  menempati fingsi komunikasi
b. State of being  adanya jabatan, bagian khusus yang menangani PR dengan lebih jelas karena bertanggung jawab secara kelembagaan
Pemilihan kelembagaan
a. Ukuran besar kecilnya organisasi
b. Arti penting PR dalam perusahaan atau organisasi
c. Karakter PR yang diperukan
Optimalisasi kelembagaan
Ide-ide dasar organisasi yang memiliki PR belum tentu komunikasinya lebih baik dari pada organisasi yang yang tidakmemiliki PR
Cara memprbaiki solusi
a. Pertukaran interaksi atar bagian secara sistematis
b. Berikan PR paa posisi yang sedderajat
c. Akses responbility yang sama tiap pimpinan bagian kepada pimpinan
d. Memelihara jalur kontak informal
“PR yang ideal haruslah berupakan bagaian dari koalisi dominan”
Berikut ini ada kelebihan dan kekurangan jika terdapat
PR internal
Kelebihan:
a. Praktisis mengenal seluk beluk prganisasi
b. Jalur komunikasi dapat dengan mudah dijalankan
c. Peaktisi siap siaga 24 jam
d. Posisi yang dimiliki kuat
Kekurangan
a. Kurang obyektif melihat persoalan
b. Beban organisasi jika kemapuan biasa
c. Posisi dan tanggung jawab tidak jelas
d. Tempat buangan dan window dressing (pajangan)
PR eksternal
Kelebihan
a. Lebih independen
b. Lebih berpengalaman
c. Akrab dengan media
d. Akses ke ahli yang lebih terbuka
e. Memiliki staf khusus
Kekurangan
a. Tidak kenal seluk beluk organisasi
b. Sedikit orang
c. Pekerjaan didasarkan pada payment
d. Loyalitas dan konsentrasi kurang
Peran
Teknis  yaitu hanya menjalankan keputusan atau perintah managemen yang lebih tinggi
Managerial terkait dan terlibat dalam proses penentuan kebijan startegis suatu organisasi
Optimalisasi peran managerial
a. Merupakan bagian terpisah yang madiri
b. Merupakan bagian koalisi dominan
c. Praktisi melengkapi dengan skill dan pengethuan segala bidang
Perbedaan penerapan praktisi PR (internal)
a. kemampuan praktisi PR
b. stuktur yang berlaku
c. ekspektasi managemen terhadap PR
d. memahamkan managenet terhadap PR

Leia Mais…

islam vs barat

Islam dan barat
kemarin kita sudah membahas tentang islam, bawasannya islam bukanlah merupakan agama spiritual yang hanay baerupa ritual keagamaan saja, tetapi dia juga merupakan idiologi,
Negara islam adalah maerupakan negara yang berada dalan kekuasaan islam, mayoritas pendududknya beragama islam dan pernah menjadi salah sati wilayah peradaban islam.”
Definisi islam dan barat.
Aku akan mengawali tulisan ini dengan buah pemikiran hutington, bahwa dunia selalu diwarnai oleh perang.
west (barat) peradabannya sangat diwarnai oleh konflik internal, dimasa-masa awal, pengaruh gereja sangtlah meluas dan memasukuberbagailini yang ada. Juga mendekte kekuasan raja-raja. Kemudian muncul west phalia yang mengakiri semuannya pada tahun 1648 selain itu sebagai tanda bermulanya nation state dan berakhirnya kekuasaan kristen dan hanya sebatas agama individu.
Jika hal ini dirumuskan maka ada 3 point penting. Yaitu
a. Sejarah
Agama yang sering melanggar fitrah manusia, ang menyebabkan perang dan damai
b. Text kitab
Tidak original karena sudah ditranslite keberbagai bahasa dan tidak adanya text murni yang bisa dijadikan pegangan jika terdapat kerancuan, proses penterjemahan yang kadangkala antara maksud dari text murni itu terdapat berbagai perbedaan yang tentu saja menimbulkan kegelisahan akan kebenarannya
c. Context bibel
Isi dari bibel tidak sesuai dengan logika dan pengetahuan, ingat peristiwa galileo dan copernicus yang bilang bahwa bumi itu mengelillingi matahari? Mereka berakhir ditiang gantungan karena pendapatnya tidak sesuaidengan apa yang dikemukakan oleh gereja yang mengatakan bahwa bumilah yang menjadi pusat tata surya, inkusisi, ganjaran yang diberikan kepada orang yang berusaha untuk menentang diktrin gereja.
Ketiga kal itulah yang telah mebuah masyrakat barat menjadi jenuh dan menjadikan kristen segabai agama individu dan menganut sistem yang sekuler, memisahkan antara agama dan kehidupan yang lain, karena mereka memiliki kesimpulan bahwa untuk menjadi maju, maka tingalkanlah agama dan menjadi sekuler.
Sekulerterdapat 2 jenis yaitu sekuler moderat dan sekuler radikal, sekulatis moderat adalah faham sekuler yang tetap mempercayai keberadan tuhan tetapi menganggap bahwa agama tidak boleh turut campur dalam lini yang lain. Sekulatis radikal lebih ciderung atheis, karena tidak memberi ruangUntuk agama.
Itulah sebabnya mengapa islamdan barat sangat berbeda, islam tidak pernah ada masalah degan agamanya, bahkan islam merupakan agama yang jelas, dari sejarahnya, text kitab yang otentik dan sangat mendukung ilmu pengetahuantidak ada alasan unuk meninggalkan islam dan mengambil idiologi yang lain karena islam itu adalah agama yang menyeluruh, lengkap, logis dan dapat diterapkan.
Pantaslah bahwa islam maju karena umatnya terus berpegang teguh pada nash-nsah Al qur’an dan hadist, umatnya juga berjuang demi dan untuk agama, jika saat ini terjadi kemunduran di dunia islam, jawabannya adalah satu, mungkin karena ternyata umat islam sekarang sudah mulai meninggalkan islam dan tidak berpegang teguh pada nash-nsah al qur’an dan hadist. Bukankah demikian?
Ref: kuliah hubungan islam barat

Leia Mais…

startegi mengatasi konflik etnis

Strategi untuk mengakiri konflik internal dalam negara
Kita akan berkenalan dengan istilah satu ini,
Berikut ini ada beberapa penyebab terjadinya konflik, menurut para ahlinya...
violent opposition movement, diperkenalkan oleh whyer..maksud dari pergerakan ini adalah sebuah gerakan politik yang mengunakn kekerasan untuk mendaptkan kan bahwa mengtinganya.
ted R gurr tentng “why the man rebel” menurut nya manusia berkonflik karena adanya relative deffrivation yang mengungkapkan tentang adanya kesenjangan value expectation dan value capability.
Misalnya konflik di aceh (GAM) dengan Gov. Jika dianalisis maka akan disimpulkan bahwa pemerintah tidak mampu untuk menghandle semua harapan yang dimiliki oleh masyarakat aceh, terutama sejak pasca kemerdekaan RI dimana aceh dijanjikan akan mendapatkan gelar keistimewaan dengan diperbolehkan menerapkan syariat ilsam di dalam wilayahnya, tetapi Gov. Tak bisa memenuhi permintaan aceh, maka timbulah konflik
Menurut michael Born, ia membagi konlik kedalam 2 hal mengapa konflik terjadi
a. Underlying factor (sumber konflik)
Sumber konflik ini bisa menyangkut banyak hal tetapi banyakan menyangkut persoalan politik, ekonomi, budaya dan security.
Politik
Politik itu biasanya menyakut tentang ramah tidaknya institusi terhadap resolusi yang mungkin seharusnya bisa terjadi;
ekonomi menyangkut 2 hal:
1. Kesenjangan pembanguan
Misalnya: Aceh merupakan wilayah indonesia yang sangat kaya dengan tambang mineral tetapi pemerintah tidak mampu mensejahterakan rakyat aceh malah mentransfer semua sebagian besar kekayaaan aceh ke pusat, dan terjadi kesenjangan yang berdampak konflik
2. Kondisi ekonomi yang buruk
Misalnya : di ethiophia
Budaya konflikmuncul karena adanya diskriminasi budaya, adanya suku yang mendominasi kemudian bersikap tidak suka atau menghancurkan
heterogenitas etnis
Security
Jika suatu negara tidak mampu menjamin keamanan suatukelompok maka mereka akan cinderung mempersenjatai diri.
b. Proximate factor (faktor pemicu)
Jika potensi konflik yang berasal dari 4 hal tersebut (sumber konflik) dijaga maka tidak akan menimbuklan konflik. Konflik baru akan meledak setelah adanya pemicu yang dikenal dengan proximate factor
Semuanya memiliki andil untuk memperbesar atau memunculkan konflik bisa dari massa maupun elite
Nah kembali kebahasan tentang opposition movement. Pengen tahu gk tujuan dari pergerakan kayak gini.
Goal is to achive a radical change in yhe distribution of power within a teorrity often requiring market constitusional change or formation of a new state
Makanya apa sebenarnya background sbuah opposition movement mau berdamai dengan goverment?
Menurut Ray licklider, dalam menghadapi konflik pemerintah memiliki 2 cara untuk menyelesaikannya, yang pertama adalah dengan menggunakan kekuatan militer. Sedangkan senjutnya mengunakan cara-cara damai, namun yang terjadi adalah gov. Cinderung untuk menggunakan kekuatan militer, hal ini disebabkan karena bagian dari pemerintah yang memiliki tugas untuk menjaga kesatuan negara adalah militer, opposition movement merupakan bagian dari semua itu dan dianggap menganggu ksistensi negara maka terjadilah dengan perang militer..
Setelah hasih dari kegiatan militer tersebut biasanya opposition movement dapat terpecah menjadi 2 kubu yaiu moderat dan ekstrimist (militan) . biasanya pembeda diantara keduannya adalah dalama hal sensitivitas.
Beerikut ini,ada beberapa hal yang mungkin bisa banyu kamu untuk mencari perbedaan diantara keduannya:
Moderat, tujuannya itu lebih cinderung otonom (hmm.. ya gak papa deh masih masuk kedalam kedaulatan negara tapi harus dikasih hak-hak khusus yang sesuai dengan kesepakatan); rasionalitynya masih bisa diterima oleh akal (rasional); mean-nya adalah high sensity to violent, maksudnya mareka akan sangat meminimalisir kekerasan,karena tak ingin banyak korban yang terbunuh,,
Extrimist. Tujuannya itu cuman satu adalah untuk mendapatkan kemerdekaan, kalo gak merdeka ya mati aja..(mungkin gitu ya prinsipnya...); rationality (cara berfikirnya) yaitu gak akan memerima upaya damai (pokoknya harus merdeka, gak ada yang lain); mean-nya low sensity to violance yang artinya yang mo mati dikit kek, banyak kek, kalo belum merdeka struggle must go on...
Memang kayaknya susah banget ya kayaknya untuk menghadapi opposite movement, kebijakan yang dilakukan negara untuk mengatasi opposite movement setelah ditekan pake militer, selanjutnya kalo gak mau menyerah juga, en negara mulai kuwalahan untuk membendungnya.. kayak GAM dulu. Maka startegi yang dilancarkan adalah dengan perundingan, pemerintah dan GAM duduk bersama, dan berunding, yang berunding adalah orang-orang moderat dari opposite movement dan orang moderat dari goverment, cz kalo gak pasti gak bakal ketemu deh ma penyelesaiannya
Nah hasih dari kesepakatanini biasanya tengah merdeka, disebut merdeka juga enggak, tapi kalah juga nggak. Kayak perjanjian helskinsky.. antara indonesia dan GAM. Yah meskipun banyak pengamat menyatakan perjanjian tersebut adalah kekalahan indonesia (hmm... mungkin pengamat yang mengamati dari kalangan extrimist)
Setelah terjadi perundingan ada beberapa konsekuensi kondisi yang mungkin bisa saja muncul yaituakansemakin banyaknya spoiler (perampok, yups cz banyak yang dulunya para pejuang opposite movement yang sudah terbiasa dengan senjata harus mengubah dirinya dan beradaptasi dengan lingkungan yang damai. Selain itu kadangkala para pejuang opposite movement yang extrimist kesulitan untuk mengubah perjuanganmereka,sehingga tak jarang masih ada perlawanan meskipun perjanjian damai sudah diterapkan. Juga koalisi moderat merupakan irisan antara goverment dan opposition movement.
Upaya yang bisa dilakukan untuk menguarangi konflik enik atau mereduksi konflik etnik yaitu dengan kebijakan akomodasi, apakah kebijakan akomodasi itu? Kebijakan akomodasi itu adalah mengakui pluralitas etnis dan menganggapnya sebagai sebuah khasan budaya.
Ada 2 pendekatan dalam akomodasi,
1. Distributif  mengubah keseimbangan ekonomi antar etnis
2. Struktual  yaitu dengan mengubah framework politik antar etnis
Misalnya libanon, berdasarkan pada agama.
Untuk bisa terakomodasi ada beberapa syarat yag harus dipenuhi,
1. Membagi kekuasaan secara luas, agar tidak mendiminasi oleh satu etnis tertentu
2. Interetnitas conflik di ubah menjadi intraetnitas
3. Memberikan insentif bagi kerjasama antar etnis
4. Penempatkan seseorang berdasarkan pada kepentingan proporsionalitas bukan etnisitas

Leia Mais…

Senin, Oktober 19, 2009

faith and religion?

Pernah dengar istilah faith and religion?
Mungkin sebagaian orang mempersepsikan sama untuk dua istilah tersebut, tapi tahu nggak sih benerannya kedua istilah ini berbeda jauh, pengen tahu lebih dalam?
Faith merupakan sistem nilai ysng terdapat dalam al qur’an dan hadist
Sedangkan religion merupakan merupakan sistem keperjayaan yang dianut oleh manusia yaitu tentang ajaran yang berdasarkan pada interpretasi pengikutnya..
Nah yang perlu kalian semua ketahui, biasanya faith merupakan obyek yang dikaji oleh fakultas-fakultas ilmu agama, karena menyangkut teologi dan justice boleh tidak boleh, benar atau buruk, dan baik atau buruk,..
Sebaliknya obyek kajian ilmusosial adalah religionnya, untukmenganalisis mengapa kelomok berfikir, dan bertindak terhadap suatu hal, nah disini kita tidak boleh menghakimi bahwa itu salah, atau pun benar, baik maupun buruk..
Untuk membedakan kedua konsep tersebut kita bisa membuat perbandingan sebagai berikut:\
1. Syahadat
Faith: 2: 2, 4, 132
Religion: sunatan (who: women or male or both; How: Real or symbolic; traditional: pengantin sunat
2. Shalat
Faith : 2: 238; 4: 103
Religion : azan (1 or 2); niyath (ushohili, jar or kahfi); rakaat tarawih (11 or 21); dzikir and qunut (How: jar or kahfi)
3. Shaum (shiam)
Faith: 2: 183; 2: 185
Religion : rajab, ruwah, besik, nyadran, padusan, ru’yar or hisab? Penamda buka puasa, tajil dan pangilan sahur
4. Zakat
Faith: 2: 43, 83, 110, 177 ; 4:77 ; 22:78 ; 24:56 ; 33:33 ; 58:13 ; 73:20
Religion : kolk, ketan, ketupat, opor ayam, syawalan, baju baru etc..
5. Hajj
Faith: 22:27 ; 2:58, 196, 203
Religion : farewal (pamitan haji or oleh-oleh haji

Leia Mais…

Peta-peta

Belum disebut sebagai mahasiswa hubungan internasional terutapa consentrasi dunia islam tuh..
Jawab pertanyaan dibawah ini:
1. Teluk yang terletak antara saudi arabia dan iran?
2. Selat yang yang menghubungkan farika utara dan eropa?
3. Danau yang terbesar di Dunia?
4. Teluk dilibya?
5. Muara sungai jordan?
6. Selat antara oman dan iran?
7. Selat antara yaman dan afrika?
8. Wilayah sudan selatan yang sering konfik?
9. Wilayah suriah yang diduduki oleh israel?
10. Ibukota turki utsmaniyah?
Jawabannya...
Silahkan cari di peta.. hehe..
1. Teluk persia..
Siapa sih yang tak kenal ma teluk yang satu ini, meskipun tak tampak istimewa tetapi siapa sangka hampir dari 60 % minyak dunia dihasilkan dikawasan teluk persia ini.. sungguh luar biasa.. pantaskah kalo banyak negara dis ekitaran teluk ini menjadi kaya-kaya..


taken from: http://www.gl.iit.edu/govdocs/maps/Persian%20Gulf%20Region.gif
2. Selat gilbaltar (jabal al thariq)
Inilah penghubung antara dua benua yaitu afrika dan eropa letaknya di sepanyol dan maroko.. inilah jalan masuk islam ketanah eropa, selain itu sebelum dibukanya terusan suez selat ini juga sangat berjasa terhadap lalu lintas air ke kawasan asia dari kawasan eropa selatan..

taken from:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhks4ZFCVE1b94YoA5f9QO8OQvVc2tj70v-T7T8qSSZMDmrK-2kkO0o2gCVh4Dp5dGEQGCyx_dg4MHdk7VPUYalvFTKH0WojEvQYTs4Z8G07dQEdewlVZ7rMeD7NLxlRcZMs10tTjn-Sj0/s320/selat+gibraltar+2.jpg
3. Danau laut kaspia
Danau teluas didunia, hmm karena saking luasnya orang sering menyebutnya dengan sebutan laut.. danau laut kaspia, letaknya disekitaran ajerbaizan, kazakstan etc


4. Sidra
Lupa... aduh payah nih... pokoknya dikawasan ini sering terjadi konflik.. kalo gak salah sih, As pernah mengirimkan kapal induknya dikawasan ini tetapi kemudian, dy menuai kontroversi, AS berdalih bahwa kawasan teluk sidra ini merupakan kawasan internasional
5. Laut mati
Ini merupakan muara sungai jordan, hampir semua orang tahu bahwa kandungan garam disini sangatlah tinggi, mungkin karena airnya yang mampet en nggak bisa kemana-mana menjadidikan kondisi daerahini menjadi demikian,
6. Selat hormuz
Si pintu gerbang teluk persia yang sangt kaya minyak, setiap lalu lintas air yang ingin keluar masuk di teluk persia yang kaya harus melalui selat ini, maka deh dijamin negar pemilik selat ini sangat bisa mengeruk keuntungan,, saat ini teluk ini dikuasai oleh iran..
7. Bab el mandeb
Seperti hormuz, selat bab el mandeb juga merupakan pintu gerbang, ets.. tapi bukan teluk persia, melainkan laut merah, negara-negara eropa yang akan pergi ke asia melalui jalu laut pasti akan melalui terusan suez dan selat ini..
8. Darfur
Kawasan disudan yang disitu sering terjadi konflik, sebenarnya cinderung kekonflik sara (terutama agama.. kawasan darfur merupakan kawasan yang berpenghuni non islam,mereka ingin melepasakn diri dari kekuasaan sudan,yang mayoritas beragama muslim. Saat ini lho.. isunya sedang di godok perjanjian kemerdekaan..
9. Dataran tinggi golan
Sering disebut dalam berita, tapi sering juga terlupakan, dataran tinggi golan merupakan kawasan suriah yang dicaplok sama israel (huh kayaknya benar tuh teori yang bilang if bertetangga dengan israel dijamin gak bakal tentram. Dataran tinggi golan merupakan penyuplai air yag cukup besar dikawasan tersebut.
10. Istambul
Dulu kota inilah yang menjadi pusat peradaban islam, semasa kekahalifahan turki utsmaniyah, sempat dijadikan ibu kotanya. Tapi saat ini ibukota turki adalah ankara..
Nah begitulah sepintas lalu tentang timur tengah dan titik-titik penting disana, sebenarnya aku yakin ada banyak sekali titik penting tapi saat ini cukuplah sampai disini..
Ref: kuliah pak sidik jatmika..

Leia Mais…

Sabtu, Oktober 17, 2009

tugas dan fungsi PR

Senebarnya dalam sebuah organisasi PR ituterdapat dua fngsi utama, yaitu fungsi managemen dan juga fungsi komunikasi..
Nah pengen tau kan fungsi-fungsi itu
Yuk kita kupas satu-satu. Yang pertama adalah management, fungsi ini lebih cinderung nemempati posisi policy, yang dimaksud disini sebuah perusahaan yang memanagemet yang baik tentu akan menempatkan PRnya di posisi tersebutdi bidang strategi agar bisa merumuskan dan menorganisir diri melalui kebijakan, cz tahu gak seh, jika suatu saat perusahaan mensedang mengalami kayak kebakaran atau kondidi yang kuarng baik mungkin saja PR akan emasuki lini-lini yang lalin yang mungkin bukan bagian dari PR. Karena itu adalah bagian dsari kewenganan PR, kebijakan dari PR tentu saja akan memperngaruhi performa organisasi terhadap kebijakan publik, karena RP akan memberikan masukkan kepada perusahaan agar dapat berjalan dengan baik yang sesuai dengan trend dimasyarakat.
PR dalam fungsi menajement haru bisa mensinergiskan antara sinergi organisasi untuk berhubungan dengan publik, praktisi PR harus membantu namagement u ntuk membangun filosofi organisasi, mencapai tujuan yangtelah ditetapkan, adaptasi lingkungan untuk survive.
PR juga bertindak sebagai penasehat managent dalam menghasilkan output yang bisa diterima oleh publik.
Fungsi kominukasi PR adalah lebih kefungsi yang sifatnya oprasional atau teknis. Yaitu melalukkan aktifitas dari managenet ke publik, prkatisi PR merupakan staf khusus managemen dalam menangani proses komunikasi yang berlangsung. Sehingga kebanyakan kegiatannya memalui off air..
Untuk tugas PR
Untuk menjadi PR ada beberapa kompetensi yang harus dipenuhi, kompetensi tersebut adalah komunikasi lisan, komunikasi kelompok, komunikasi tertulis, teknik kehumasan, seperti seponshorship etc.., managenet isu, penelitian PR, Managerial, Teknologi dan bahasa, leadership. Yang kemudian dari berbagai macam konperensi ini akan dipecah menurut jenjang dari PR sendiri. Awal, madya, dan expert
Dan tugas dari PR sendiri ada beberapa hal yang mungkin belum bisa aku tulliskan disini.. inshaAllah besok ditambahkan...^_^
Ref: kuliah PR

Leia Mais…

tugas dan fungsi PR

Senebarnya dalam sebuah organisasi PR ituterdapat dua fngsi utama, yaitu fungsi managemen dan juga fungsi komunikasi..
Nah pengen tau kan fungsi-fungsi itu
Yuk kita kupas satu-satu. Yang pertama adalah management, fungsi ini lebih cinderung nemempati posisi policy, yang dimaksud disini sebuah perusahaan yang memanagemet yang baik tentu akan menempatkan PRnya di posisi tersebutdi bidang strategi agar bisa merumuskan dan menorganisir diri melalui kebijakan, cz tahu gak seh, jika suatu saat perusahaan mensedang mengalami kayak kebakaran atau kondidi yang kuarng baik mungkin saja PR akan emasuki lini-lini yang lalin yang mungkin bukan bagian dari PR. Karena itu adalah bagian dsari kewenganan PR, kebijakan dari PR tentu saja akan memperngaruhi performa organisasi terhadap kebijakan publik, karena RP akan memberikan masukkan kepada perusahaan agar dapat berjalan dengan baik yang sesuai dengan trend dimasyarakat.
PR dalam fungsi menajement haru bisa mensinergiskan antara sinergi organisasi untuk berhubungan dengan publik, praktisi PR harus membantu namagement u ntuk membangun filosofi organisasi, mencapai tujuan yangtelah ditetapkan, adaptasi lingkungan untuk survive.
PR juga bertindak sebagai penasehat managent dalam menghasilkan output yang bisa diterima oleh publik.
Fungsi kominukasi PR adalah lebih kefungsi yang sifatnya oprasional atau teknis. Yaitu melalukkan aktifitas dari managenet ke publik, prkatisi PR merupakan staf khusus managemen dalam menangani proses komunikasi yang berlangsung. Sehingga kebanyakan kegiatannya memalui off air..
Untuk tugas PR
Untuk menjadi PR ada beberapa kompetensi yang harus dipenuhi, kompetensi tersebut adalah komunikasi lisan, komunikasi kelompok, komunikasi tertulis, teknik kehumasan, seperti seponshorship etc.., managenet isu, penelitian PR, Managerial, Teknologi dan bahasa, leadership. Yang kemudian dari berbagai macam konperensi ini akan dipecah menurut jenjang dari PR sendiri. Awal, madya, dan expert
Dan tugas dari PR sendiri ada beberapa hal yang mungkin belum bisa aku tulliskan disini.. inshaAllah besok ditambahkan...^_^
Ref: kuliah PR

Leia Mais…

pemikiran politik part 3

Sebenarnya kemarin saat aku ikuti kuliah pemikiran politik, dosenku mengeluarkan statement yang cukup mengelitik, mengapa islam mengadopsi pemikiran (idiologi) lain? Yang kenudian beberapa mahasiswa yang lain menegaskan tentang hal itu..
Tapi kta mulai bahasan ini bukan dengan menjawab pertanyaan itu, tapi mungkin nanti bisa kita bahas,
Pemikiran poitik dan idiologi...sebenarnya ada hubungan erat antara pemikiran politik dangan idiologi
Islam sebagai agama, isalm mengakui tuhan sebagai al qaliq, mempercayai hari akhir dan bagaimana hubungan hamba dengan tuhannya, sedangkan islam sebagai idiologi yaitu islam memiliki pengaturan tentang kehidupan bersama yang sesuai dengan akidah islam,
Sehingga dapat dismpulkan bahwa islam adalah senuah agama dan idiologi karena islam berada diantara keduanya, tidak hanya mengatur akidah yang bersifat individual tetapi juga idiologi dimana manusia diatur dalam kehidupan bersama seperti politik etc..

Leia Mais…

Jumat, Oktober 16, 2009

Konflik etnis

Seringkali kita mendengar isltilah konflik etnis, yang katanya tuh, konflik itu dipicu karena identitas tertentu yang semakin ditonjoklan, nah, apa aja sih identitas itu, ituloh yang datanya sering ada di KTP, tapi yang paling heboh efeknya ya identitas kesukuan, ras dan mungkin identitas agama yang kemudian disingkat dengan kata SARA.. hasil dari konflik SARA ini tentu dapat kita lihat, betapa banyaknya korban yang berjatuhan.. contohnya ni ya konflik di maluku dan donflik di pilipina.
and yang perlu kalian semua ketahui kalo sebenarnya sekarang ini intensitas konflik antar agama saat ini mengalami penurunan, dan konflik dalam negerilah yang saat ini sedang meningkat terutama setelah pecah perang dingin, dan mulai mengendurnya kuasa atas negara otoriter.
Ada beberapa toeri yang mengatakan bahwa konflik SARA bisa hadir karena tidak ada saling pemahaman antara sesama kelompok, sehingga mereka cinderung untuk membuat asumsi-asumsi yang menurut panangan sendiri, yang tentu saja jika kemudian kelompok-kelompok itu besinggungan tetapi tanpa ada kesepahaman,sesuatu yang seharusnya baik-baik saja bisaberujung dengan konlik. Makanya menurut orang pluralistik mengatakan bahwa untukmenghindarinya mereka harus semakin sering berinteraksi atau kalo sisi agama dengan pernikahan beda agama..
Sebenarnya apa sih konflik etnis itu?
Sebelum kita melangkah jauh kita kenalan ma etnis dulu ya.. etnis itu adalah sekelompok orang yang mendefiisikan diri mereka dalam kriteria tertentu misalnya kriteria etnis atau kebangsaan dan membuat klaim atasnya yang kemudian mereka juga membuat perlawanan untuk menunjukkan eksistensi diri* (dikasih tanda bintang, karena gak gitu yakin..)
Asumsi-asumsi muncul dalam pembentukan etnik menurut beberapa tokoh itu bisa bersumber dari asal usul keluarga, pengalaman sejarah, sebagain dari kualitas nilai-nilai sejarah seperti adat-istiadat atsupun bahasa, selain itu klaim yang dibuatpun bisa berupa materi, politik, ataupun kalim karena keprihatian terhadap budaya ataupun agama. Kelompok-kelompok itu mempunyai kekuatan berdasrkan pada ikatsn kultural bukan asosiasi sehingga sulit di prediksi berapa kekuatannya..
Jenis kelompok etnis, sebenarnya ada 2 jenis dari jenis kelompok enis, yang pertama adalah jenis enosenasionalis, etnosenasionalis merupakan kelompok etnit yang berusaha keluar dari negara induk karena hal-hal tertentu dan memilih strategi perlawanan, sepert separatis, yaitu etnis yang menginginkan kemerdekaan dari negara induk, comtohnya adalah GAM dengan indonesia. Ada pulastilah lain yaitu ireedentisme yaitu dimana suatu etnis yang ingin merdeka dari negara induk tetapi kemudian etnis tersebut ingin bergabung dengan negara lain, contoh kasus antara india dan kasmir, kasmir menginginkan melepaskan dirinya dari india dan bergabung dengan pakistan yang memiliki pendududk muslim yang banyak.
Jenis yang kedua adalah minoritas, kelompok minoritas adalah etnis yang tidak terkonsentrasi pada suatu tempat tapi diperlakukan diskriminasi oleh pemerintah atau kelompok mayoritas,biasanya kaum minoritas inidiperlakukan layaknya kambing hitam dalah sebuat permasalahan. Seperti pada masa berahirnya rezim suharto, masyarakat mayoritas mengambinghitamkan masyarakat minoritas
Sebenarnya ada beberapa teori tentang konflik etnis, yaitu bentang seberapa besar kontribusi etnis tehadap konfik yang terjadi, disini terdapat 4 teori yaitu antara lain Essentialism yaitu beranggapan konflik terjadi karena adanya perbedaan primordial yang kemudian menombulkan rasa curiga yag kemudian dapat memicu kekerasan, Instrumental, penganut teori ini mempunyai anggapan bahwa kobflik yang terjadi adalah karena ada orang-orang tertentu “oknum /elite jahat” yang berusaha untuk mendapatkan dukungan dan memanfaat kesamaan etnik untuk mendapatkan dukungan, selain itu ada pula yang beranggapan bahwa ada orang-orang radikal yang tidak bersedi untuk berdamai dan ada orang-orang yang mau berdamai. Yang ketiga adalah teori Contructivism, menurut pandangan kaum kontruktifisme etnik itu terbentuk karena dibentuk oleh orang kolonialism untukmedpatkan teman berkuasa yahi tentu saja hal itu sesuai dengan politik yang diterapkan oleh mereka.. devide et impera, dari hasil pembentukan etnis tersebut tentu saja dapat menimbukan konflik, apalagi adnya teman kuasa.. terakhir adalah menurut institusionalism,pandangan mareka mengatakan bahwa konflik terjadi karenapolitik itu tidak simpati kepada etnis, sering sekali politikmenghancurkan etnis tertentu dan meninggikan etnis tertentu, seperti pada rezim otoriter, irak pada masa sadam husain sering kali mendiskirminasi kaum muslim shia, dan meninggikan muslim sunni, sehingga pandangan mereka untukmenghentikan semua itu diperlukan pluralisme yang kemudian akan mereduksi pemua perbedaan tersebut, dan saat ini sistem yang terbaik adalah dengan mengembangkan sistem demokrasi.
Menurut Azhar, jika disimpulkan, maka jawaban atas pertanyaan mengapa konflik etnis bisa terjadi di dalam sebuah maysrakta itu karena dipengaruhi oleh beberapa sebab, disana dia menyatakan bahwa sebab-sebab itu adlah karena adnya identitas etnis dan juga interaksi etnis tersebut dengan kelompok etns yang lain, dinamika situasi politik dalam negeri dan juga pengaruh lingkungan politik internasional...
Jadi disana ada 3 konponen yang saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Local context, nationla context dan juga international context..

Leia Mais…

Rabu, Oktober 14, 2009

sebab konflik di timteng dari aspek geografis

Masih ingat tentang sebab sebab konflik di timur tengah? Yuk kita merefresh kembali.. salah 4 mengapa terjadi konflik ditimur tengah itu ada banyk loh penyebabnya.. contohnya ya, dari aspek geografi aja, sudah beranak pinak banyak tuh sebab konfliknya.
Yang pertama, posisi strategis, yang timur tengah, seperti yang kita tahu merupakan pertemuan dari 3 benua yang gede, coba tebak mana aja.. yups Eropa, afrika en eropa ya nggak? Nan posisi yang demikian nih yang tentu aja membuat timteng jadi lalu lintas yang potensial. Selain itu tau gak seh kalo lebih dari 60% minyak dunia ituada di Timur Tengah, selain itu disanalah lahir 3 agama besar yang sampai saat ini kita kenal yaitu ada yahudi, islam dan nasrani
Yang kedua, adalah keragaman luas wilayah, nah lita hu nih di timteng tuhkan ada yang negaranya punya wilayah yang luas misalnya kayak saudi, iran, mesir, turki, sudan, irak etc, tapi ada pula yang kecil-kecil kayak negara-negara diketeknya saudi dan teluk persia.misalnya: khuwait,Qatar, bahrain, libanon, syprus. Trus ada lagi tuh negara pertengahan kayak Zaman, Oman, al jazair, maroko, libya, afganistan.masudnya adalah karena ada teori yang mengatakan bahwa negara yang luas itu cinderung untuk mengintervensi negara yang lebih kecil.
Contohnya tuh.. irak menyerbu kuwait yang menyebabkan perang teluk II (sekedar info perang teluk I yaitu perang antara irak dan iran pada tahun 1980 yang disitu juga ada pengaruh AS. Konflik yang terjadi dipengatuhi oleh perebutan muara sungai babilonia (delta) yaitu delta sungai shatt-al arab karena irak memiliki askes keluar terutama jalur laut)
Contoh yang lainnya tuh, intervensi arab saudi atas Yaman, atau kecenderungan suriah melawan libanon yang lebih kecil.
Yang ketiga adalah kedekatan dengan israel, perlu digaris bawahi ya, ada teori yang mengatakan kalo dekat dengan israel itu dekat dengan konflik.. hmmm alhamdulillah ya tetangga kita bukan israel. Nan pengen tahu negara-negara yang kurang beruntung itu adalah sinai (mesir) dibagian barat, libanon dan suriah di sisi utara israel, yordania disisi timur israel, dan saudi arab dibagian selatan, yang lebih memelas lagi adalah negara dalam negara ayo tebak manakah itu? Yups bener sekali palestina (gaza city and tepi barat sungai jordan)
Alasan yang keempat adalah air sebagai sumber konflik, wah.. penasaran kan? Kok bisa ya air jadi sumber konflik.. ibi buat PR artikel selanjutnya...^_^

Leia Mais…

Senin, Oktober 12, 2009

ati-ati tuh ma Rokok

Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, F.A Moeloek mengatakan, Indonesia merupakan negara perokok terbesar di lingkungan negara-negara ASEAN.

"Hal itu berdasarkan data dari The ASEAN Tobacco Control Report tahun 2007. "The ASEAN Tobacco Control Report Card tahun 2007 menyebutkan jumlah perokok di ASEAN mencapai 124.691 juta orang dan Indonesia menyumbang perokok terbesar, yakni, 57.563 juta orang atau sekitar 46,16 persen," ungkapnya dalam jumpa pers di Gedung Kebangkitan Nasional Stovia, Jakarta, Minggu (11/10).

Menurutnya, pada tahun 2008 Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Indonesia sebagai negara terbesar ke tiga sebagai pengguna rokok. Lebih dari 60 juta penduduk Indonesia pun, menurutnya, mengalami ketidak berdayaan akibat dari adiksi nikotin rokok. "Dan kematian akibat konsumsi rokok tercatat lebih dari 400 ribu orang per-tahun," ujarnya.

Prevalensi perokok di Indonesia kian hari semakin meningkat dan memprihatinkan. Menurut data yang diperoleh Kompas.com, peningkatan tertinggi perokok di Indonesia terjadi pada kelompok remaja umur 15-19 tahun, yaitu, dari 7,1 persen pada tahun 1995 menjadi 17,3 persen pada tahun 2004, atau naik 144 persen selama 9 tahun.

Tak hanya itu, konsumsi rokok di Indonesia pada tahun 2008 mencapai 240 miliar batang atau setara dengan 658 juta batang rokok perhari-nya yang berarti uang senilai Rp 330 miliar 'dibakar' oleh para perokok di Indonesia dalam satu harinya. Bahkan menurut data Susenas 2006 menunjukan bahwa pengeluaran untuk membeli rokok adalah 5 kali lebih besar dari pengeluaran untuk telur dan susu (2,3 persen), 2 kali lipat pengeluaran untuk ikan (6,8 persen), dam 17 kali lipat pengeluaran membeli daging (0,7 persen).

Leia Mais…

Minggu, Oktober 11, 2009

sejarah diplomasi dunia islam part 2

Kemarin kan kita dah bahas hubungan internasional menurut abu zahrah, nah sekarang kita lihat tokoh dunia islam yang lain dalam memandang hubungan internasional, siapakan orang itu? Kali ini Al Ghazali yang akan berpendapat, Al Ghazali dimasa hidupnya sudah menemukan praktek hubungan internasional yang serupa dengan kondisi saat ini, sehingga al Ghazali memiliki konsep yang berbeda mengenai hubungan internasional, menurutnya hubungan iternasional itu harus memiliki etika yang kemudian ia rangkum menjadi al akhlak liq dual yang antara lain sebagai berikut:
a. Hubungan internasional itu haruslah damai abadi, menurutnya perdamaian dunia itu dimulai dari individu yang cinta damai, dari situ akan muncul masyarakat, negara, dan hubungna negara yang cinta damai, menurutnya pula, perang itu bukalah suatu yang naluriah, ia lebih condong memandang bahwa perang merupakan hasil sosialisasi antara manusia satu dengan manusia yang lain, oleh karena itu untuk membentuk manusia yang cinta damai maka harus ada pendidikan yang menekankan tentang perdamaian
b. Saling menghormati keyakinan keagamaan dan idiologi. Hal ini terlihat dari perjalanan dakwah umat islam pada masa rasulullah, islam tidak memaksa semua orang menjadi muslim, melainkan mereka harus saling menghormati. Dan ketika memang terjadi penyerangan umat islam terhadap suatu daerah bukan berarti islam ingin menjadikan mereka muslim, tetapi mungkin saja karena muslim yang dizolimi oleh negara tersebut.
c. Persaudaraan dan persahabatan. Adanya perasaan bahwa semua umat di dunia itu, adalah bersaudara, berasal dari anak cucu adam, sehingga tidak boleh lagi ada perasaan minder karena berbeda suku, warna kulit dll
d. Saling menolong dalam kebutuhan ekonomi yang saling bergantung
e. Politik bertetangga baik (good neigbour policy) dan persenjataan yang offensive
Padalah selama ini kita telah familiar dengan konsep diplomasi dari para pemikir-pemikir barat. Dari sisi prosedural yang bertindak dalam hubngan internasional adalah perwakilan resmi dari negara tersebut di negara lain untuk berkomunikasi. Tetapi seiring berjalannya waktu, saat ini negara bukanlah aktor satu-satunya. Saat ini dikenal multitrack diplomacy atau biasa juga dikenal sebagai total track diplomacy, yaitu munculnya pelaku-pelaku baru yang antara lain sperti NGO (Non goverment Organization), people dll dalam hubungan internasional. Multi track diplomacy bisa juga menjadi cara-cara untuk mempengaruhi sistem internasional, seperti saat indonesia ingin mempengaruhi frame sistem internasional bahwa indonesia adalah negara yang aman, indonesia menawarkan diri menjadi tuan rumah dalam sebuah ajang yang melibatkan perwalikan negara lain dalam jumlah yang banyak, dan acara itu dapat berjalan dengan sukses tanpa hambatan yang berarti.
total track diplomasy ini bisa yang sifatnya langusng misalnya hubungan langsung antara NGO to NGO, people to People etc tapi ada pula yang sifatnya tidak langsung.
Berikut ini ada beberapa definisi dari diplomasi. Sebagian orang berfikir bahwa diplomasi digunakan untuk menghindari perang, sehingga jika terdapat konflik maka jalan yang akan ditempuh untuk menghindari konflik adalah dengan berdiplomasy
Menurut harold C diplomasi adalah managemen hubungan internasional melaui negosiasi
Menurut KM Pannikar diplomasi disebut sebagai seni untuk mengedepankan kepentingan terhadap negara
Sedangkan menurut marchiavelli kejujuran dan moral itu tidak sesuai dalam kamus diplomasi, jika keamanan menjadi pertimbangan maka keadilan, belas ksihan dll semua itu harus diabaikan untuk kepentingan negara. Masih menurut marchiavelli diplomasi itu ada 2 cara yaitu cara manusia dan cara binatang, tetapi seringkali cara manusia tidak berjalan dengan baik, maka cara binatanglah yang paling sering digunakan.. (hmmm.. sungguh-sungguh serigala berbulu domba, tampak seperti mengunakan alasan-alasan elite tapi untuk praktek yang tak bermoral)
Nah, setelh melihat dan merefresh kembali ingatan kita tentang diplomasi yang selama ini kita kenal, yuk kita coba bandingkan dengan bagaimana islam itu berdiplomasi. Menurut islam diplomasi itu adalah penyelesaian secara damai dari berbagai macam perbedaan yang timbul dalam berhubungan dengan negara lain atau hubungan internasional, cara penyelesaian tersebut bisa melalui negosiasi, konsiliasi dan arbitrasi yang sesuai dengan nilai-nilai islam. Itulah difinisi diplomasi menurut islam, seolah tak ada beda ya.. bedannya ya Cuma kalo menurut islam itu ada embel-embel “yang sesuai dengan nilai-nilai islam” sedangkan yang lain itu nggak. Tapi mungkin itulah yang membuat jurang perbedaan antara pemiliran islam dan barat itu berbeda.
Keberbedaan itu dapat terlihat dari prinsip dasar yang ada pada islam. Yang sebenarnya mirip dengan pemikiran tokoh-tokoh yang telah kita munculkan terdahulu, prinsip-prinsip itu antara lain adalah,
1. keyakinan terhadap kesatuan umat manusia dalam hal pencipta, persamaan dalam hal status. Hal ini terkait dengan surah al hujurat ayat 13 bahwa manusia itu berasal dari satu orang laki-laki dan seorang perempuan.
2. Menghormati kepentingan hak orang lain untuk hidup dan hak kepemilikian manusia atau negara lain selama tidak merongrong hak kaum muslim...
3. Komitmen terhadap perdamaian dengan semangat kejujuaran kolektif, dan maksud baik timbal balik
4. Tidak membiarkan tindakan ofensif yang dilakukan oleh negara lain. Ternasuk dalam hal jika ada pihak lain yang mencoba untuk melanggar hak negara islam
5. Dan kemudian memenuhi perjanjian internasional
Dari prinsip-prinsip tersebut tampaklah jelas ada perbedaan yang cukup jelas antara islam dan barat mungkin jika dirumuskan maka akan lebih tampak lagi perbedaan itu. Misalnya kita akan melihat bahwa diplomasi dinunia barat lebih cinderung kepada diplomasi yang kotor yang berdasar pada penghianatan, kecurangan, kebohongan, muslihat dll. Dengan prinsip mereka yaitu “when doing good, do little by little, but when doing evil do it all at once.” Jadi saat suatu negara berniat untuk melakukan kekejaman sejahat apapun hendaklah melakukannya sekaligus, karena itu hanya akan menuai kecaman yang hanya bersifat semetara dan sebentar, karena akan tertutupi oleh kebaikan yang kecil-kecil tapi sering.Padahal dalam islam. Diplomasi itu berjalan dengan bersih dan terbuka, yang tidak memberikan tempat bagi tipudaya dan kemunafikan, dalam islam memenuhi perjanjian itu sangatlah ditekankan.
Selain itu diplomasi yang dijalankan oleh barat adalah diplomasi yang ditujuakan untuk menyelesaikanperselisihan internasional secara damai, melindungi kepentingan nasional dan memperkuat hubungan persekutuan dan melemahkan negara musuh. Menurut mereka jika dalam suatu waktu diplomasi gagal dilakukan maka, terjadilah perang. Padahal dalam diplomasi islam, diplomasi hanyalah sarana untuk menyebarkan dakwah islam..dalam hal tertentu perang dan diplomasi itu saling mengantikan.
Kemudian juga, diplomasi dibarat itu dijalankan dengan cara mementingkan kepentingan nasional dan mengabaikan kepentingan negara lain, sedangkan dalam islam tidak hanya kepentingan negaranya saja yang diperhatikan tetapi juga negara lain ikut diperhitungkan..
Refresi: kulaih sejarah diplomasi dunia islam,pak sidiq ahmadi

Leia Mais…

Tool of analysis..

Tool of analysis.. ini adalah seperangkat alat untuk menganalisi antau meneliti suatu budaya atau gerakaan budaya
1. Konteks sosial dan politik
2. Siapa yang menjadi fouding father atau pemimpin?
3. Sistem nilai yaitu apa yang dianggap abik dan apa yang dianggap buruk
a. Religion
b. Faith
4. Ritual atau upacara
Yaitu erupa kegiatan dengn urutan tertentu dan berulang-ulang seperti aktifitas penerimaan anggota baru, kegiatan rutin, kepemimpinan, dan berakhirnya keanggotaan)
5. Pengikut mania(yang digolongkan berdasarkan umur, jenis kelamin, pendidikan, ekonomi, ras, idiologi dan agama)
6. Ikon atau simbol kebudayaan
Misalnya mode rambut, fashion, accesoris, rambut, bahasa spesial, ataupun jargon

Leia Mais…

definisi pemikiran politik dan ideologi

Dalam pemilirana politik islam debenarnya ada 3 hal yang perlu diperhatikan, das solen yaitu apa yang seharusnya terjadi, das sein apa yang kenyataannya tengah terjadi dan yang terakhir adalah perubahan yang bisa dilakukan berdasarkan das sein dan das solen yang kemudian perubahan tersebut bisa saja parsial tetapi bisa saja besifat revolusioner.
Selain tiga hal tersebut pemikiran poliitk terdiri dari 2 unsur yaitu thought (fikrah) pemikiran dan yang lainnya adalah method (thariqah) atau operasional.
Definisi pemikiran
Yaitu segala sesuatu yang dihasilkan dari fakta yang kita indra yang kemudian
Jadi syarat berfikir adalah jika disana terpenuhi syarat terdapat fakta, indra, otak dan informasi/
Selanjutnya kita akan bahas tentang definisi politik, yang pertama maei kita lihat apa yang dikatakan oleh pak harold Laswell, dia bilang bahwa politik adalah “authoritatives allocation of value” yang merupakan bentuk dari perjuangan untuk mendapatkan power dengan yang dituju adalah sebuah policy.
Landasan dari politik adalah konsen padapertanyaan bagaimanaanggota komunitas tinggal bersama dengan damai dan menyelesaikan perbedaan mereka dan menerima sikap.
Dalam bahasa arab politik adalah siasaah yang berasal dari kata saasa, yasuusu yang berarti memelihara, memerintah, dan memimpin. Sedangkan definisi syarahnya adalah yaitu pengaturan, pemeliharaan urusan umat baik dalam maupun luar negeri.
Sehingga jika disimpulkan pengertian dari pemikiranpolitik yaitu pemikiran tentang bagaimana permasalahan kehidupan bersama masyarakat durus, diatur, dan diselesaikan.
Sedangkan idiologi yaitu menurut roberth Haber definisi dari idiologi tidaklah jauh beda dengan yang sudah diungkapkan sebelumnya tentang das solen das sein dan perubahan. Jadi idiologi itu mencakup 3 hal itu yang kemudian perubahannya itu dirumuskan dengan strategis

refrensi: kuliah pemikiran politik islam

Leia Mais…

Kamis, Oktober 08, 2009

Pertumbuhan dan perkembangan publik relation

Pertumbuhan
Dipraktekan sejal zaman kerajaan, meskipun tuidak ditunjukan secara spesifik tetapi prinsipnya menempati fungsi-fungsi publik relation. Kemudian sejak abad ke 19 public relation lebih cinderung kearah propaganda yang bermaksud untuk mempengaruhi opini. Karena ciri-ciri dari propaganda adalah terdapat issue, dan issue tersebut dipersuasif yang kadangkala juga mengabaikan kebenaran, dan hanya bersifat komunikasi satu arah, yang melalui media, leaflet, ataupun poster.
Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa PR semakin dibutuhkan, antara lain karena sebagai berikut:
1. Filsafat, yaitu yang besikat authoritarian ke libertarian
2. Sistem kerja yang dulunya tradisional ke industri
3. Politik yang awalnya adalah monarkhi menuju kearah demokrasi
4. Sosial semakin kompleks
5. Ekonomi cinderung tentang persaingan mendapatkan perhatian yaitu melalui promosi
Perkembangan
PR setelah revolusi industri mengalami perkembangan
1. perkembangan komunikasi, adanya one way communication sebagai kebutuhan menyampaian sesuatu tetapi tidak dimbangi oleh respon dari pihak yang diberi info
2. pertumbuhan populasi, mempengaruhi banyakkan dalam sebuah perusahaan yaitu berpengaruh pada PR kini tidak melihat semua kebutuhan dari semua masyarakatnya, melainkan lebih pada spesific public yaitu dengan pengkotak-kotakkan masyarakat dengan mengambil segmen masyarakat berpengaruh dengan maksud efektifitas perubahan perilaku
3. pengakuan terhadap tanggung jawab sosial yaitu perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap kemajuan masyarakat sekitar, dengan program seperti community relation atau community development sebagai bentuk perhatian sosial yang sangat berpengaruh terhadap citra bagi perusahaan.
4. Keluasan pemerintah. Semakin banyaknya askpek yang ditangani oleh pemerintah menyebabkan PR semakin dibutuhkan untuksosialisasi program-program pemerintah.
5. Perkembangan media komunikasi, agar perusahaan bisa tetap survive maka dibutuhkan PR yang cerdas sehingga bisa memanfaatkan media komunikasiuntuk tujuan publikasi. Mislanya ambient media, sesuatu yang asing digunakan sebagai media pun bisa disulap menjadi media komunikasi,misalnya lantai, tembok, etc.
6. Lahirnya standard etika baru
7. Mengejalanya konsumerisme
Fase perkembangan PR moderen
Periode I yaitu tahun 1990 – 1917
PR dirtikan sebagai media kuning yaitu media yang bombastik dan hiperbola. Yang seringkali kebenaran dikesampingkan. Yang berdapat pada pihak-pihak yang marasa dirugikan melakukan fungsi-fungsi PR yang antara lain, melakukan kounter terhadap pemberitaan tersebut melalui publisitas maupun pemberitaan pula.Pada masaini PR jenis ini biasanya terjadi di amerika serikat
Periode II yaitu 1914 – 1919 masa perang dunia pertama
Saat itu PR hanya difungsikan sebagai promosi untuk kepentingan perang, seperti digunkan untuk mrekrut warga sipil untuk menjadi tentara, dengan iming-iming sebuta pariot selain itu PR digunakan untuk keanggotaan baru dan mengalang dana palang lemah, saat itu komunikasi yang terjalin msihlah komunikasi satu arah
Periode III yaitu 1919 – 1929
Pusat perhatian PR pada publisitas promosi product industri, organissasi sosial keagamaan yang berhubungan dengan masyarakat, selain itu komunikasi persuasi untuk mempengaruhi opini
Periode IV yaitu 1930 – 1945 krisis perang dunia II
Saat itu ekonomi mengalami penurunan, PR dugunakan untuk persuasi publik, metodelogi ilmiah tentang pengukuran efektif opini publik , muncul asosiasi-asosiasi profesi kehumasan juga muncul pendidikan kehumasan, selain itu munculnya televisi sebagai strong media sehingga komunikasi merupakan peraduan antara one way comunication dan two way communication meskipun betuknya masih sangat a simetris
Periode V yaitu 1965 – sekarang merupakan masa globalisasi
Dimana teknologi tinggi mulai berkembang selain itu media massa mulai bermunculan. Adanya ekonomi nasional-globalyang membawa pada kompetisi global. Hal ini mendorong humas menjadi lembaga paling penting karena konpleksitas konflik kepentingan. Betuk komunikasi yang berkembang adalah komunikasi satu dan dua arah dengan topik utama PR propganda dan managemen konseling

refrensi: kulah public relation

Leia Mais…

Selasa, Oktober 06, 2009

tugas pemikiran politik islam

Ref: islam politik spiritual hafiz abdurahman
Sisitem pemerintahan islam abdul qadim zallum
Minggu depan : 1 refrensi tambahan pilihan dan bandingkan dengan refresi dosen.
Tugas: perbandingkan dengan reftensi yang kita dapatkan
a. Konsepsi negara
b. Konsepsi kedaulatan
c. Konsepsi kekuasaan dan kepentingan
d. Konsepsi Undang-undang
e. Konsepsi parpol dan kelompok kepentingan
f. Konsepsi politik luar negeri

Leia Mais…

Sebab-sebab konflik dan sumbernya pada level individu

Sebab-sebab konflik dan sumbernya pada level individu
masih ingatkah siapa zathman? Semoga masih, zathman adalah seorang tokoh yang bilang kalo konflik itu kayak kurva. Dimana ada titik tertinggi namanya hurting stalemate, nah hurting stalemate menurutnya adalah titik paling tepat untuk menghentikan konflik karena titik itu konflik mengalami kematangannya.. tapi sesungguhnya untuk menyelesaikan konflik itu gak harus menunggu kematangannya, mengcegah lebih baik dari pada mengobati, bukankah lebih cepat itu lebih baik? Aduh partai BGT...
Sebab-sebab konflik
Nah kali ini kita akan bahas tentang alasan mengapa manusia berkonflik. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, bahwa terdapat dua kepercayaan dalam memandang sebab-sebab manusia berkonflik, yang pertama mengatakan bahwa manusia itu memang udah Human nature nya kayak gitu. Jadi istilahnya memang difitrahkan untuk memiliki sifat berkonflik. Kalo menurut argument pendukung human nature ini bilang bukti bahwa manusia mempunyai sifat dasar ini terlihat dari disetiap dekade itu pasti terdapat perang ataupun konflik yang berpotensi untuk melahirkan perang. Sehingga menurut penganut kepercayaan ini cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengeliminasi atau mengurangi intesitas dan dampak konflik. Yaitu dengan cara, balance of powerpunya morgenthau (maklum kebanyakan orang yang menganut kepercayaan ini adalah kaum realis) ataupun denga just war yang semacam aturan yang menyatakan boleh berperang asalkan dengan adil (dari motivasi dan cara perang)just war biasanya lebih dekat dengan agama, selain just war ada juga tuh istilah hukum humaniter internasional, yaitu hukum perang yang digunakan oleh masyarakat internasional.
Kepercayaan selanjutnya adalah, percaya bahwa perang merupakan hasil sosialisasi masyarakat, agumenya yaitu manusia lahir itu nggak bawa senjata layaknya hewan yang bertaring, memiliki cakar yang panjang dan tajam, hal itu membuktikan bahwa manusia itu adalah mahluk yang cinta damai, karena tuhan tidak melengkapi persenjataannya. Sehingga menurut kepercayaan ini, cara terbaik menyelesaikan konflik adalah dengan edukasi konflik, seperti yang dilakukan oleh UNESCO. Salah satu cabang PBB yang cinta damai, UNESCO berprinsip ‘world begin of the mind of mind” dengan motto konflik ok, berperang no! Kalo istilah dosenku, berbeda pendapat itu gak papa tapi tidak untuk berperang. Kebanyakan penganut faham ini adalah orang-orang kaum utopian.
Sumber perang pada level individu
Konrad lorenz hayoo tebak siapa itu, kalian pasti gak bakal nyangka namanya bakal muncul dalam islmu sosial. Dia adalah seorang tokoh biologi yang suka sekali meneliti perilaku hewan. Kemidan dia meneliti tentang serigala dalam bertahan hidup, ternyata serigala memiliki insting atau agresi untuk mempertahankan hidupnya. Trus Pak Lorenz ini mencoba untuk menerapkan persamaan serigala dengan manusia, disamakan berdasarkan kesamaan identitas makhluk “mamalia”. Hasilnyamenunjukan bahwa ternyata manusia juga memiliki isting agretifitas, hal ini diperkuat oleh Robert Andrey yang bilang bahwa “agretifitas menjadi built dalam struktur genetik manusia.” Sehingga sebenarnya agretifitas itu bisa berkembang tidak hanya kearah destuktif, tetapi juga bisa karah konstruktif..
Sigmund Freud (orang realis) dia bilang manusia adalah manusia rendah yang dipenuhi oleh kebencian, kekerasan dan agresi.
Erich Fromm “narsisme adalah salah satu sumber agresifitas. Seseorang yang terlalu narsis terhadap kelompoknya akan beraku sangat desruktif apabila ada yang mengolok-olok simbol narsis mereka.
Nah selanjutnya bagaimana agresifitas bisa mendorong konflik?
John Dollard dia mengatakan bahwa frusstation – agresion. Menurutnya frustasi (ketidaksesuaian antara harapan dengan apa yang didapat) itu menjadi predesposisi atau potensi dari agresi yang didahului oleh kemarahan, nah makanya ati-ati tuh bagi orang yang suka marah-marah.. nah bagi orang yang sedang frustasi ada beberapa kemungkinan yang bakal mereka lakukan, yaitu menarik diri yaitu menyeolahkan tidak terjadi masalah meskipun sebenarnya tidak ridha terhadap apa yang tengah terjadi, selanjutnya adalah menerima, yaitu mgakui bahwa itu kekalahannya, menolak serta agresi yaitu penolakan mengunakan ancaman.
Faktor yang mempengaruhi frustasi menjadi agresi adalah
a. Norma (agama) mampu membuat manusia lebih mampu untuk menghandle diri
b. Pengalaman sosial (teman sepergeulan juga sangat berpengaruh karena mereka kadang kala sering mewarnai teman yang lain
c. Pengalaman cara menghadapi frustasi
Ibnu Khaldun beliau mengatakan bahwa potensi dalam diri manusia adalah cinta ientitaskelompok dan agresif (animal power) manusia selalu ingin menunjukan identitas bersama, ketika mencintai sesuatu maka ia akan membenci yang lain, cinta biasanya menjadi konflik ketika ia bertemu dengan provokasi yang menghasud demi mendapatkan kekuasaan (dominasi) atau tingkat ekonomi, sehingga cara terbaik untuk menghindari konflik adalah dengan menjaga kemakmuran, keamanan dan keadilan..

refrensi : kuaih pak Gito

Leia Mais…

Senin, Oktober 05, 2009

Politik di timur tengah (bagian pembukaan)

Dari mana datangnya islam? Kata orang sih dari tanah arab sana. Lho dimana tanah arab itu? Nah pengen tahu lebih banyak, silahkan baca artikel ini deh... tentang politik Timur tengah.
Sebelumnya, dataran arab (timur tengah) yang selama ini kita kenal disebut dengan istilah asia muka, sebutan ini diperkenalkan oleh orang-orang maccedonia yang dulu merupakan pusat peradaban eropa(eropa sentris)Alexander The great merupakan salah satu tokoh dari maccedonia.
Kemudian ada lagi istilah yang berkembang untuk menyebutkan daerah tersebut, yaitu timur dekat.. itilah ini muncul karena adanya istilah timur jauh, timur jauh adalah istilah diberikan oleh urang venesia, dimana saat itu perdadangan dari cina mulai berkembang di eropa. Pada saat itulahjuga dikenal jalur sutra (yaitu yang menjadi jalan utama untuk mengirimkan barang-barang export china (sutra dan porselen) ke eropa yang melalui kawasan antara di daratan arab juga..
Dan timur dekat daerah pengeskport bahan kecantikan yang pada saat itu berada di mesir..
Istilah timur tengah baru muncul sekitar tahun 1914 an yaitu pada perang dunia I yaitu 1914 – 1918 kata “timur” diambil karena kawasan tersebut dilihat oleh orang eropa (mengunakan sudut pandang orang eropa) dan “tengah” untuk menunjukan betapa srtategisnya kawasan tersebut. Terutama saat itu terjadi perebutan wilayah. Makanya nama “timur tengah” adalah sebuah kawasan zona pertahananmiliter tentara sekutu yang terbentang antara eropa, afrika, timur jauh dan asia selatan
Istilah untukmenyebutkan daerah tersebut ada yang mengunakan kata duniaislam, maupun dunia arab adalah didasarkan pada mayoritas suku dan agama yang menempati wilayah tersebut.
Sebenarnya dalam kawasan timur tengah, terdapat sub region. Yaitu terdiri atas 5 sub bagian antara lain adalah sebagai berikut:
1. Arab inti (core)
Arab inti itu terdapat di dua tempat, yaitu antara lain: yaitu dikawasan bulan sabit subur, kawasan tersebut berada di kawasan sekitar sungai yang berada di disekitar arab..antara lain antara sekitar sungai nil, sungai jordan, dan sungai babilon (eufrat dan tigris) kawasan itu saat ini merupakan negara irak, palestina, jordania, dan mesir
Kemudian kawasan yang kedua adalah disekitaran teluk persia (persian gulf) yaitu negara-negara di saudi, khuwait, qatar, uni emirat arab, oman, dan bahrain
2. Arab pinggiran
Istilah ini diperuntukan untuk negara negara seperti sudan, yaman, libanon, dan suriah (libya kadang juga termasuk)
3. Maqribi (matahari tengelam) yaitu negara-negara kawasan afrika utara setelah mesir yaitu antara lain seperti mauritania, maroko, Chad, tunisia, Al jazair, libya
4. Timur tengah non arab
Yaitu timur tengah tetapi bukan bersuku arab (mayoritas) misalnya: israel, afganistan, iran (persian atau arya), turki dan syprus
5. Exs USSR
Negara-negara bekas jajahan rusia, yaitu dikawasan asia tengah seperti uzbekistan, kazakstan, turkmekistan, azerbaijan
Kurang lebih itulah sub dareah dari wilayah timur tengah yang luas.
Selanjutnya adalah penting sekali mengetahui mengapa timur tengah perlu untuk dipelajari, disebuah kawasan yang gersang karena sebagian wilayahnya yang dipenuhi oleh gurun pasir, tetapi menyimpan berbagai misteri dan daya tarik yang luar biasa sehingga banyak yang menginginkannya.. apa yang terjadi?
Beberapa sebab dikemukakan salah satunya adalah karena letaknya yang paling strategis, yaitu menjembatani 3 benua Asia, Afrika dan eropa, selain itu banyaknya ladang petrol (minyak alam) yang dimiliki oleh kawasan tersebut, terbukti lebih dari 60% suplai minyak dunia disokong oleh negara-negara kawsan timur tengah. Dan yang lainnya adalah karena dikawasan ini lahir 3 agama besar yang medominasi dunia. Agama tersebut adalah islam, yahudi dan kristen..
Wallahu ‘alam bis shawab..
Ref: kuliah politik timur tengah kelas pak Sidik Jatmika

Leia Mais…

Jumat, Oktober 02, 2009

Sejarah diplomasi dunia islam part 1.

Hubungan internasional menurut islam.
Istilah hubungan internasional bukanlah sebuah istilah yang asing untuk dunia islam, sebenarnya konsep ini sudah ada sejak kedatanganya, karena islam adalah sebuah agama yang komperhensif, yang tidak hanya mengatur masalah spiritual saja tetapi juga dalam aspek lainya seperti sosial dan politik.
Nilai-nilai dasar dalam hubungna internasional menurut islam adalah merupakan hubungan antar manusia. Sehingga kegiatannya terikat oleh nilai nilai kemanusiaan dan hukum muamalat. Hal ini tercemin dalam surah Al Hujurat ayat 13 yang menyatakan bahwa Allah menciptakan manuasia itu dari seorang adam dan hawa yang kemudian menjadikan mereka bersuku-suku juga berbangsa-bangsa agar saling mengenal. Orang yang terbaik dihapan Allah adalah orang yang bertakwa. Juga dalam surat An Nisa ayat 1 dalam islam memandang bahwa HI adalah individu dalam rangka saling mengenal untuk menjalin sialhturahim dan hubungan meminta dengan penuh kasih sayang dan tanpa paksaan. Begitulah konsep islam dalam memandang hubungan internasional. Tentu saja hal ini berlawanan dengan konsep tadisionalis hubungan internasional yang menganggap bahwa aktor utama dalah hubungan internasional adalah negara, dan negara tidak sama dengan individu sehingga dapat dipastikan isu-isu yang menyangkut tentang HAM dan lingkungan tidak diperhatikan dengan baik. Hal itu terlihat jelas saat negara mengambil keputusan, kita melihat kadang kala keputusan itu mecederai hak individu hanya karena kepentingan negara. Contohnya dalam perang, tidak ada seorang individupun yang menginginkan pertumpahan darah, tapi karena adanya interst dari negara, maka setiap individu tidak bisa menolak hal itu.
Muhammad Abu Zahrah, seorang tokoh mesir yang pernah menulis buku tentang hubungan internasional menurut islam, dalam bukunya tersebut dia menuliskan dalam 10 point dalam melakukan hubungan internasional yang didasarkan pada al qur’an
1. Karomah insanniyah
2. Kesatuan umat manusia
3. Kerjasama kemanusiaan
4. Toleransi
5. Kemerdekaan
6. Budi baik
7. Keadilan
8. Perlakuan yang sama
9. Memenuhi perjanjian
10. Kasih sayang

Leia Mais…

Kamis, Oktober 01, 2009

definisi publik relation

Apa yang kamu bayangkan setelah mendengar istilah public relation atau biasa disingkat dengan istilah PR? Tentu saja pikira kita akan berpedar-pedar dan terisi dengan konsep-konsep tentang hubungan dengan masyarakat,mediasi, comunikasi persamaan tujuan dll.. dimana terseolah terdapat ada proses menjebatani antara goverment dengan masyarakat yang secara nota bene memiliki kepentingan yang berbeda.
Sebenranya ada beberapa definisi tentang publik relation diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Menurut Istitute Of Public Relation
Yaitu segala upayayang dilangsungkan secara berkesinambungan dan terencana dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan khalayak.
Maksud dari definisi ini adalah PR merupakan keseluruhan upaya, sehingga yang terlibat tidak hanya orang yang memiliki tugas-tugas ke PR-an tapi semua stakeholder memiliki andil yang sama dalam pembentukanpublic relation, jadi tidak hanya melalui advertising, tetapi juga semua elemen yang bisa digunakan untuk untuk pembangunan citra, seperti melalui interaksi pengguna dan pihak ketiga(tidak hanya pengguna) seperti emdorment dari para ahli.
Kemudian selain itu maksud dari dijalankannya PR adalah untuk memelihara kesefahaman antara publik dengan pemerintah..
b.Menurut mexican statement
“publik relation is the art and social science of analizing trend, predicting their consequences, counselling (bimbingan) organization’s leadership and implementing planned programmes of ation which will serve both organization’s and public interst”
c.Sam Black (1993:14)
PR adalah perpaduan seni, dan basis keilmuan dan pecapaian harmoni antara pemerintah dan publik interst yang berlawanan. PR didasarkan pada kejujuran dan keterbukaan dalam menginformasikan
d.Rex harlow definisi lengkap tentang PR
- PR adalah fungsi yang penting dalam management
- Membantu dalam mengembangkan dan memelihara hubungan timbal balik dalam komunikasi, kesepahaman, penerimaan dan kerjasama antara organisasi dan publiknya
- Termasuk managemen masalah dan isu
- Melayani dalam early warning system
- Mengunakan penelitian, opini, teknik komunikasi atau prinsip
Ref: kuliah PR

Leia Mais…